Metro Pekalongan

Tingkatkan Pelayanan Pengaduan, Camat dan Lurah Dilibatkan

MALEKHA
BERI – Suasana pemberian arahan oleh Kepala Diskominfo Kota Pekalongan kepada para peserta workshop.

KOTA – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelolaan pengaduan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pekalongan menggelar workshop Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Rumah Makan Masduki Pekalongan, Kamis (6/9).

Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, menuturkan bahwa pengaduan adalah persoalan yang tidak mudah. Namun tetap harus mulai mendengar, menampung, bahkan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan, jika belumpun bisa disalurkan.

“Pengaduan ini minimal kita sampaikan dan dokumentasikan dengan baik, agar akuntabilitas seperti pendokumentasian gambaran yang dihadapi di kelurahan dan kecamatan se-Kota Pekalongan terkait pelayanan publik dan surat menyurat,” paparnya.

Dengan dokumentasi pengaduan tersebut, upaya pemenuhan kepada masyarakat akan diusahakan. Dinas Kominfo Kota Pekalongan mendapatkan mandat untuk mengelola pengaduan masyarakat, saat ini sudah dibentuk timnya, hanya tinggal regulasinya. Bahkan dari pemda akan memfasilitasi kegiatan ini.

“Sebelumnya pengaduan masyarakat ditangani oleh organisasi, mulai saat ini kominfo bersama seluruh camat dan lurah se-Kota Pekalongan dapat bersinergi untuk pendokumentasian pengaduan masyarakat,” ungkapnya.

Selama ini sudah ada koordinasi untuk pengaduan, untuk pengaduan yang sudah diterima bisa diadministrasikan dan dikelola dengan baik kemudian dilaporkan ke kota melalui Dinas Kominfo Kota Pekalongan. “Ini untuk kita modifikasi dan tindaklanjuti penyampaiannya ke dinas terkait,” tukasnya.

Ditambahkan Budi, tujuan kegiatan untuk mengingatkan kepada lurah dan camat tentang pentingnya mengelola pengaduan masyarakat dengan baik sehingga aspirasi, keluhan, dan pengaduan dapat dikelola dengan baik kemudian disalurkan ke dinas.

“Hari ini kita mengundang instansi terdepan yang paling sering berinteraksi dengan masyarakat, camat juga menjadi narasumber untuk memberi masukan mengenai hal-hal yang perlu diatur dalam penyusunan perwal. Lurah-lurah juga memberikan masukan tentang hal yang dihadapi selama menerima pengaduan dari masyarakat,” pungkasnya. (mal)

Facebook Comments