Radar Batang

Gelar “Pantura Tourism Expo Ke-2”, Undang Ratusan Buyer dan Seller

Wahyu Budi Santoso SSos MM

Wahyu Budi Santoso SSos MM

BATANG – Guna menyukseskan program Batang Heaven Of Asia dan Visit Batang Year 2022, Pemkab Batang terus melakukan inovasi dalam upaya mengenalkan potensi wisata yang ada. Satu di antaranya dengan cara bekerja sama dengan biro perjalanan wisata pantura barat, menggelar even “Pantura Tourism Expo Ke-2”, 15-16 September mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa SSos MM, mengatakan bahwa pada kegiatan promosi pariwisata tersebut, pemkab dan biro perjalanan wisata pantura barat akan mengundang ratusan “buyer” dan “seller” dari sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.

“Dalam kegiatan “Pantura Tourism Expo Ke-2″ tersebut, kami berencana mengundang 350 sampai 400 ‘buyer’ dan ‘seller’ dari berbagai kota di Indonesia, antara lain dari Jakarta, Lombok, Medan, Bali, dan Kalimantan yang nantinya akan membantu mempromosikan wisata dan UMKM Kabupaten Batang,” ungakap Wahyu, Rabu (6/9).

Ia mengatakan, pembukaan “Pantura Tourism Expo” juga akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Batang dengan disajikan 15 stan produk UMKM dan potensi wisata serta 11 stan peserta dari kabupaten/kota seperti Kendal, Pemalang, Wonosobo, Kabupaten/Kota Pekalongan, Salatiga, Banjarnegara, dan Banyumas.

Kemudian, lanjut Wahyu, setelah pelaksanaan grandopening, para “buyer” dan “seller” akan diajak untuk explore potensi Kabupaten Batang. Mereka akan dibagi menjadi tiga rombongan, yaitu pertama Batang Utara akan meninjau galangan kapal, objek wisata Dholpin Center, dan Pantai Ujungnegoro.

Sedang rombongan kedua ke Batang Selatan yang meliputi Si Kembang dan Arung Jeram Pandanasari, dan rombongan ketiga akan melihat produk produk UMKM serta pembuatan emping di Kecamatan Limpung, produk kopi di Sempu, Tersono, Tombo, dan Silurah.

“Selain itu, kami akan menyuguhkan wisata kuliner di Alun-Alun Batang. Kegiatan “Pantura Tourism Expo” ini juga sebagai ajang promosi yang sangat efektif karena akan dihadiri oleh biro perjalanan wisata yang nantinya akan menjual paket wisata di Batang dan Pekalongan ke daerah lain,” katanya.

Lanjut Wahyu, kegiatan itu merupakan satu rangkaian program menyukseskan Visit to Batang 2022. “‘Pantura Tourism Expo’ akan menjadi ajang promosi wisata paling efektif untuk menyukseskan program Visit to Batang 2022, karena langsung dihadiri semua biro perjalanan. Kami berharap pada biro perjalanan bisa menjadwalkan paketan wisata di Kabupaten Batang untuk sukseskan ‘Visit Batang 2022’,” tandasnya. (fel)

Facebook Comments