Radar Pendidikan

Akhirnya Tahun Ini Seluruh SD-SMP Sudah Aplikasikan Kurikulum 2013

Akhirnya Tahun Ini Seluruh SD-SMP Sudah Aplikasikan K13

BUKA ACARA – Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono saat membuka Kegiatan pendampingan implementasi dan sosialisasi K13 di SDN Denasri Wetan.
DOK ISTIMEWA

BATANG – Mulai tahun ajaran ini, Kurikulum 2013 (K13) sudah diterapkan secara serentak di Kabupaten Batang. Baik untuk jenjang pendidikan SD maupun SMP.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Batang, Drs Sabar Mulyono menerangkan, hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan pusat di mana tahun ini seluruh sekolah telah mencanangkan K13.

“Tahun ini SD-SMP se Kabupaten Batang telah melaksanakan K13 sesuai yang diimbau oleh Kemdikbud. Di mana tahun ini kami juga masih melakukan pendampingan di beberapa gugus sekolah, untuk membimbing sekolah, baik yang baru menerapkan, ataupun sudah menerapkan K13,” terang Sabar saat diwawancarai, Rabu (5/9).

Sabar menjelaskan, karena masih terhitung baru di beberapa sekolah, maka masih dilakukan pendampingan. Khususnya bagi guru-guru kelas 1-4 yang baru menggunakan K13. Pendampingan terkait bagaimana menyusun rencana pembelajaran ataupun pemberian evaluasi.

“Kami harap dengan penerapan K13 ini dapat mendorong terciptanya generasi literasi di Kabupaten Batang. Karena di K13 ini anak didorong untuk lebih mandiri dalam mencari sumber pembelajaran. Baik itu melalui pembelajaran di kelas maupun di luar kelas,” harapnya.

Ke depan, ia berharap setelah adanya pembinaan tersebut K13 bisa diimplementasikan sesuai standarnya. Sehingga kualitas dan manfaat penerapan K13 dapat dirasakan secara tepat. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments