Kesehatan

Bisa Bertahan 1 Tahun, Ketahui Cara Simpan Ikan di Freezer yang Benar

Ilustrasi ikan bisa tahan lama saat disimpan di dalam kulkas. (thriftyfun.com/jawapos)

Ibu rumah tangga adalah sosok yang paling sering bersentuhan dengan peralatan di dapur
dan masak. Salah satunya dengan lemari
es atau kulkas. Kebiasaan menyimpan bahan makanan di kulkas
khususnya makanan laut (seafood) seperti ikan, udang dan cumi, juga harus diperhatikan baik dari segi cara penyimpanan dan waktu penyimpanan.
Tujuannya agar seafood yang dikonsumsi nantinya tidak tercemar bakteri. Tentunya akan membuat keluarga tetap sehat dalam mengonsumsi makanan. Ketua Komite Tetap Industri Makanan dan Protein Kadin Thomas Darmawan berbagi tips bagaimana cara menyimpan seafood yang benar di dalam lemari es.

Menurutnya, ikan segar bisa disimpan di dalam freezer kulkas bahkan awet hingga 1 tahun asalkan tidak dibuka tutup. “Ikan segar temperatur -10-20 derajat dikasih es batu. Kalau tak dibuka tutup diplastik bisa awet 1 tahun,” katanya dalam konferensi pers menjelang pameran Refrigeration & HVAC Indonesia (RHVAC) 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran pada 26-28 September, Rabu (5/9).

Sehingga kunci makanan laut bisa bertahan, jangan sering membuka tutup wadah penyimpanan ikan atau cumi dalam freezer. Thomas menambahkan khusus untuk ikan dori, supaya tahan lama dalam menyimpannya agar dicampur dengan air. Ketentuan jumlah airnya jangan lebih dari 40 persen.

“Ikannya akan keras seperti es batu. Kalau mau masak ikan barulah dikeluarkan dari freezer,” jelasnya.

Untuk ikan yang sudah dibumbui (marinasi), bisa awet selama 3 bulan jika disimpan di dalam freezer. Sedangkan jika hanya disimpan di bagian bawah kulkas (di luar freezer), usia seafood hanya bertahan 1 minggu.

“Jika hanya disimpan di bagian bawah, bukan di freezer, ikan, udang, dan cumi itu sama tinggi proteinnya jadi gampang rusak oleh bakteri,” jelasnya. (jawapos.com)

Facebook Comments