Metro Pekalongan

Kemarau, 10 Hektar Sawah di Dua Kelurahan Ini Alami Kekeringan

KOTA PEKALONGAN – Akibat musim kemarau, dua kelurahan yakni Klego dan Kuripan Yosorejo melaporkan adanya kasus sawah yang mengalami kekeringan. Total ada 10 hektar sawah dari dua wilayah tersebut, emnpat hektar di Klego dan enam hektar di Kuripan Yosorejo yang dilaporkan mengalami kekeringan.

Data tersebut disampaikan Kabid Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultur pada Dinas Pertanian dan Pangan, Darsari Resti Artanti. Dalam rapat koordinasi terkait kekeringan yang digelar belum lama ini, dilakukan pemetaan dampak musim kemarau di Kota Pekalongan termasuk di areal persawahan.

“Sudah ada laporan yang masuk yakni dari Klego dan Kuripan Yosorejo. Total luasnya 10 hektar yang mengalami kekeringan. Kami sudah tinjau langsung ke lokasi,” tuturnya.

Dari hasil tinjauan, diketahui bahwa untuk sawah yang ada di wilayah Klego sudah diikutkan dalam asuransi sehingga gagal panen tidak akan berdampak signifikan. Namun kondisi sebaliknya terjadi di Kelurahan Kuripan Yosorejo dimana sebagian besar petani disana belum menyertakan sawahnya dalam asuransi. “Untuk sementara waktu kami sudah berkoordinasi dengan petani disana agar sebagai antisipasi dapat mencari sumber air,” tambah Darsari.

Selain dua wilayah itu, dari hasil pemetaan juga didapati bahwa ada potensi kekeringan lain yakni sawah di wilayah Kelurahan Kalibaros. Namun berdasarkan tinjauan kondisi sawah disana dinilai sudah aman. Sebab dari sawah seluas 122 hektar sebagian besar sudah dilakukan panen. (nul)

Facebook Comments