Radar Kendal

Tenang, Polres dan Kejari Siap Dukung Bawaslu

Polres, Kejari dan Bawaslu

KAWAL PEMILU – Polres dan Kejari Kendal bersama Bawaslu siap untuk mengawal penyelenggaraan pemilu agar sesuai dengan aturan perundangan yang ada.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Untuk menguatkan fungsi kelambagaan, Bawaslu Kabupaten Kendal menjalin koordinasi dengan Polres dan Kejari Kabupaten Kendal. Polres dan Kejari, akan memberi dukungan terhadap kerja Bawaslu, khususnya terkait Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Menguatkan jalinan koordinasi setelah lembaga menjadi Bawaslu. Apalagi Polres dan Kejari bagian dari Sentra Gakkumdu,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Kendal Odilia Amy Wardayani, Senin, (3/9).

Kapolres Kendal, AKBP Adi Wijaya, yang didampingi Kasat Intelkam, AKP Suwarno, pun menyambut baik maksud kunjungan rombongan Bawaslu. Selain Odilia, ada empat pimpinan yang lain, yaitu Ubaidillah, Arief Musthofifin, Firman T Sudibyo, dan Wahidin Said.

“Seperti Pilkada lalu, Polres akan mensupport Bawaslu. Baik terkait kondusivitas dan penegakan hukum,” kata Adi Wijaya.

Kajari Kabupaten Kendal, Yudi Hendarto, pun mendukung langkah penegakan hukum bersama melalui Sentra Gakkumdu. “Kami akan dorong jajaran kami terlibat dalam Sentra Gakkumdu. Kami berharap semua jaksa bisa belajar tentang Pemilu,” kata Yudi Hendarto.

Selain itu, Yudi juga memberi masukan supaya ada koordinasi bersama Kejari, Polres dan Bawaslu lebih dulu. Saling menyampaikan pendapat masing-masing terkait fungsi penegakan hukum.

“Dengan koordinasi lebih awal bisa ada saling mengerti tentang pemahaman masing-masing terhadap aturan. Tidak kemudian setelah ada kasus, baru muncul perdebatan panjang,” terangnya. (nur)

Facebook Comments