Otomotif

Jurus Ampuh Cek Mobil Bekas Tabrakan dan Terendam Banjir

Untuk mengetahui bahwa mobil
itu pernah tabrakan atau kecelakaan, biasanya digunakan alat khusus untuk mengecek ketebalan dempul mobilnya. (Istimewa/jawapos)

Membeli mobil bekas (mobkas) wajib hukumnya untuk lebih dulu dilakukan pengecekan yang deatail. Tujuannya untuk memastikan mobil dalam kondisi yang baik dan tidak mengecewakan di kemudian hari.

Selain melakukan pengetesan langsung, agar bisa dirasakan performa mobilnya, dalam setiap membeli mobkas, harus lebih dulu mengecek riwayat mobil secara seksama. Tujuannya untuk mengetahui apakah mobil tersebut punya rekam jejak baik atau tidak.

Jika mobil memiliki riwayat tabrakan atau pernah terendam banjir sebaiknya tidak dibeli, karena akan berisiko saat pemakaian.

Lalu bagaimana cara pembeli awam bisa mengetahui atau mengidentifikasi mobil yang punya rekam jejak tabrakan atau kerendam banjir. Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh CEO Garasi.id Ardyanto Alam kepada konsumen mobil bekas yang memiliki rekam jejak tersebut.

Menurut Alam, mobil yang pernah mengalami tabrakan bisa dilihat dari ketebalan dempul yang mencolok. Secara kasat mata memang tak terlihat tetapi sebenarnya ketebalan dempul bisa diukur dengan alat khusus yang mirip termometer.

“Biasanya pakai alat khusus yang langsung bisa  ditempelkan ke bodi. Dari situ alat tersebut bisa mengukur ketebalan dempul. Mobil yang pernah nabrak atau  kecelakaan bodinya pasti penyok berat dan biasanya saat recovery dempulnya lebih tebal,” kata Alam beberapa waktu lalu.

Salah satu trik paling sederhana untuk mengetahui mobil itu pernah terendam banjir atau tidak. yakni cek bagian di balik karet-karet bodinya. (Istimewa/jawapos)

Sementara untuk mengetahu mobil bekas yang pernah terendam banjir, bisa dilihat dari karat pada bagian belakang karet bodi. Biasanya mobil yang terkena banjir pasti di belakang karet bodi ada karatnya.

“Mengecek mobil kebanjiran mudah dan sederhana. Cukup dengan merobek bagian kecil karet bodi. Biasanya bila usia mobil sudah lima tahun tapi karet bodinya masih baru artinya ada indikasi mobil itu bermasalah,” terangnya.

Untuk itu, saat ingin membeli mobil bekas perhatikan secara seksama kondisinya khususnya, terutama di bagian-bagian yang kadang tak mudah dijangkau oleh mata. Biasanya dari sudut-sudut tersebut bisa di lihat gambaran umum kondisi mobil tersebut. (jawapos)

Facebook Comments