Metro Pekalongan

80 Pendaftar Ikuti Seleksi Mas dan Mbak

Seleksi Mas dan Mbak

SELEKSI – Peserta pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan tahun 2018 sedang menjalani seleksi wawancara di Museum Batik, Minggu (2/9).
WAHYU HIDAYAT

Duta Wisata Kota Pekalongan

Puluhan pendaftar pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan tahun 2018 sedang menjalani tahapan seleksi di Museum Batik, Minggu (2/9).

Salah seorang Panitia seleksi Duta Wisata Kota Pekalongan 2018, Handhita Timur Adliima, menuturkan hingga batas akhir pendaftaran, total ada 80 orang yang mendaftar.

“Pendaftaran sudah dimulai sejak sekitar satu bulan lalu,” kata pria yang juga Mas Duta Wisata Kota Pekalongan 2015 dan peraih Juara 1 Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 ini.

Timur menjelaskan, seluruh peserta kemudian melalui tahapan seleksi untuk dipilih sebagai finalis. Seleksi antara lain melibatkan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dinparbudpora), Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kota Pekalongan, Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan (BP2KP), lembaga kursus Impress, maupun Museum Batik Pekalongan.

“Seleksi wawancara ini dilakukan oleh tujuh orang juri, masing-masing kepariwisataan, bahasa Jawa, bahasa Inggris, pengetahuan umum, kepribadian, public speaking, dan performanc,” katanya.

Mereka menjalani seleksi wawancara oleh tujuh orang juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Meliputi juri kepariwisataan, bahasa Jawa, bahasa Inggris, pengetahuan umum, kepribadian, public speaking, dan performance. Hingga Minggu (2/9) pukul 16.00, proses seleksi masih berlangsung.

Dari seleksi ini, nantinya akan dipilih 10 pasang (10 putra dan 10 putri) sebagai finalis. Adapun malam grand final pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan akan digelar pada Minggu, 9 September mendatang di depan Museum Batik.

Timur memaparkan, sebelum ke malam grand final, para finalis akan terlebih dahulu menjalani proses karantina selama dua hari. Karantina ini sekaligus merupakan bentuk penilaian melekat oleh para dewan juri terhadap para finalis. Baik itu menyangkut karakter, kepribadian, penampilan, cara berkomunikasi, wawasan, dan lainnya
Selama tahap karantina ini, para finalis juga akan mendapatkan pembekalan tentang berbagai materi, antara lain tentang kepariwisataan dan budaya, public speaking, cara berbusana, dan pengetahuan umum. “Rencananya juga akan ada malam unjuk bakat oleh para finalis di kawasan budaya Jetayu,” tuturnya.

Timur menambahkan, kalau dilihat dari kuantitas, jumlah pendaftar pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan 2018 ini lebij sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, diharapkan dari segi kualitas pendaftar bisa lebih baik.

Pihak panitiapun melaksanakan seleksi secara ketat dengan harapan yang juara nantinya benar-benar berkualitas, dan bisa meraih juara pada pemilihan duta wisata di tngkat provinsi. Apalagi, pemilihan Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 rencananya akan digelar di Kota Pekalongan pada bulan November mendatang.

“Harapannya wakil dari Kota Pekalongan bisa juara di tingkat provinsi, apalagi Kota Pekalongan akan menjadi tuan rumah Pemilihan Duta Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun 2018,” imbuh dia. (way)

Facebook Comments