Radar Pendidikan

Melek Informasi, Dilatih Jurnalistik

SMK Syafii Akrom Jurnalistik

MENDENGARKAN – Siswa SMK Syafii Akrom tengah mendengarkan pemaparan materi dalam pelatihan jurnalistik, Kamis (30/8).
FAKHRUN NISA

KOTA PEKALONGAN – Dalam jurnalisme nilai kebenaran dan kebaikan harus senantiasa dijunjung dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Hal itulah yang ditekankan Manajer Iklan Radar Pekalongan Abdurrahman, saat menjadi pembicara dalam Pelatihan Jurnalistik SMK Syafii Akrom, Kamis (30/8). Jurnalistik menjadi satu kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) di SMK Syafii Akrom.

Dalam kegiatan tersebut Abdurrahman juga membagikan nilai-nilai jurnalisme yang lain, diantaranya komprehensif dan proporsional, independen, serta disiplin untuk memverifikasi kebenaran.

“Seorang jurnalis harus mempunyai sikap kritis, komunikatif, bekerja keras, jujur, berani, adil, serta bertanggung jawab. Seperti kata Bill Kovach, tujuan utama jurnalisme adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka bisa hidup bebas dan mampu mengatur diri sendiri,” ujarnya.

Selain mengajarkan nilai-nilai jurnalistik, Abdurrahman juga memberikan pemahaman tentang kerja jurnalistik, diantaranya cara mencari dan menulis berita. Abdurrahman memaparkan perbedaan jenis-jenis berita sebagai bekal bagi siswa untuk mengelola media di sekolah.

Pembina Ekskul Jurnalistik Izzul Choirot menuturkan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa yang mempunyai bakat dan minat di bidang tulis-menulis. Pelatihan diikuti oleh siswa yang tergabung dalam ekskul jurnalistik. Izzul, sapaan akrabnya, berharap usai mengikuti pelatihan ini siswa mampu mengembangkan media di sekolah, baik mading maupun majalah dinding.

“Setelah mengikuti pelatihan jurnalistik kami berharap siswa mempunyai kompetensi di bidang jurnalistik sehingga nanti outputnya ada mading sekolah, majalah, dan bahkan kami ada rencana untuk membuat program TV SMK. Kemarin kami sudah mengadakan lomba fotografi untuk meningkatkan kemampuan siswa juga. Mudah-mudahan ke depan bisa bermitra dengan beberapa media dan lembaga yang bersangkutan,” tandas Izzul. (run)

Facebook Comments