Radar Kajen

Dites Urin, 58 Anggota Polres Hasilnya Negatif

Dites Urin, 85 Anggota Polres Hasilnya Negatif

TES URINE – Untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba oleh anggota, Polres Pekalongan secara mendadak melakukan tes urine usai apel di Mapolres.
TRIYONO

KAJEN – Sebanyak 58 anggota Polres Pekalongan dari berbagai satuan secara mendadak dilakukan tes urine, Kamis (30/8). Tes urine dilakukan guna mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba oleh anggota.

Tes urine dilakukan khususnya bagi anggota SPKT Polres, Unit Turjawali Sat Sabhara dan Ka SPKT Polsek jajaran oleh Tim Kesehatan dari Urkes Bag Sumda. Dalam cek urine itu dipantau dan diawasi oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, dan Kasi Propam Iptu Mustadi.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan menegaskan, tes urine dilakukan secara mendadak terutama bagi anggota SPKT Polres, Unit Turjawali Sat Sabhara dan Ka SPKT Polsek jajaran yang telah selesai  melaksanakan apel pagi di halaman Mapolres. Seluruh anggota diminta berkumpul di teras depan ruang Urkes Polres Pekalongan.

Menurutnya, di depan ruang Urkes sudah ada anggota Propam dan Urkes yang telah siap dengan peralatan tes urinnya. Kemudian satu per satu anggota dipersilakan mengisi daftar hadir selanjutnya dipersilakan mengambil wadah untuk tes urine di kamar kecil sebelah ruang Urkes.

“Untuk anggota yang diperiksa kali ini dari anggota SPKT Polres, Unit Turjawali Sat Sabhara dan Ka SPKT Polsek jajaran sebanyak 58 orang,”terang Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, didampingi Kasi Propam Iptu Mustadi, ketika di lokasi pemeriksaan.

Kapolres Pekalongan menegaskan bahwa kegiatan tes urine tersebut merupakan hal rutin namun dilakukam secara mendadak dalam rangka membersihkan lingkungan Polres Pekalongan dari penyalahgunaan narkoba. Dalam pemeriksaan terhadap anggota dari SPKT Polres, Unit Turjawali Sat Sabhara dan Ka SPKT Polsek jajaran maka kedepan, tidak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan dilakukan juga pada satuan yang lain.

Sementara dengan hasil tes urine kali ini dinyatakan seluruh anggota SPKT Polres, Unit Turjawali Sat Sabhara dan Ka SPKT Polsek jajaran negatif.

“Dari hasil tes urine terhadap 58 anggota, Alhamdulillah semuanya negatif. Hal ini harus dipertahankan, apalagi mengingat keberadaan institusi Kepolisian tergolong yang rawan bersentuhan dengan tindak kriminal terutama kejahatan narkoba,” katanya.

Namun tambah dia, apabila dari pemeriksaan ada yang positif maka anggota yang bersangkutan akan diberikan sanksi tegas.(yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments