Metro Pekalongan

Satu Jamaah Haji Dipulangkan dengan Ambulan

Jamaah Haji Pulang

SUKA CITA – Keluarga menyambut kepulangan jamaah haji kloter 8 Kota Pekalongan di Halaman Setda Pekalongan, Kamis (30/8). Sedangkan jamaah haji kloter 9 dijadwalkan tiba di Kota Pekalongan pada Jumat (31/8) pukul 14.00.

KOTA PEKALONGAN – Jamaah haji asal Kota Pekalongan, sudah tiba kembali di tanah air, Kamis (30/8). Disambut suka cita keluarga, sebanyak 108 jamaah haji kloter 8 tiba di lokasi penjemputan di Halaman Sekretariat Daerah pada pukul 14.00. Sementara jamaah haji yang tergabung dalam kloter 9, akan tiba hari ini, Jumat (31/8) sekitar pukul 14.00.

Kedatangan jamaah haji asal Kota Pekalongan, disambut langsung oleh Plt Asisten III, Agust Marhaendayana, bersama sejumlah pejabat lainnya. Rasa syukur diungkapkan keluarga dan masyarakat yang sudah menunggu kedatangan jamaah haji.

Dari 108 jamaah haji kloter 8 kembali ke Kota Pekalongan, satu jamaah haji atas nama H Rusli harus dipulangkan dengan ambulans karena mengalami sesak nafas. Selain itu, dalam rombongan kloter 9 yang juga terdapat satu jamaah haji yang sakit atas nama Jumitem yang merupakan jamaah haji tertua.

“Ada dua yang sakit. Satu jamaah haji dipulangkan dengan ambulans dari Solo karena memang kondisinya perlu diberikan bantuan. Satu jamaah haji lainnya, sakit karena faktor usia. Sebenarnya dia juga belum diperbolehkan pulang karena masih perawatan dan akan diikutkan dalam kloter selanjutnya. Tapi keluarga menghendaki agar yang bersangkutan dipulangkan,” jelas Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Pekalongan, Mundakir.

Karena masih dalam kondisi sakit, Jumitem juga akan langsung di rujuk di rumah sakit yang ada di Solo ketika sampai di tanah air. “Langsung dirujuk. Nanti setelah disana akan diserahkan kepada keluarga bagaimana selanjutnya. Yang jelas dari sana memang harus segera dirujuk karena kondisi. Keduanya memang sudah mengalami sakit sejak di tanah suci,” tambahnya.

Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) dari Puskesmas Medono, Winarsih, menyampaikan bahwa rombongan sebanyak 359 orang, 108 dari Kota Pekalongan, dan 251 dari Kabupaten Pekalongan. “Ada 7 orang yang mendampingi jamaah yakni dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) sebanyak 1 orang, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sebanyak 3 orang, Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) sejumlah 1 orang, dan Tenaga Kesehatan Haji Daerah (TKHD) sejumlah 2 orang,” paparnya.

Winarsih bersyukur dapat kembali dengan selamat. Ia mengungkapkan kondisi alam selama di tanah suci seringkali berubah sehingga sedikit berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jamaah haji. “Suhu yang jauh berbeda dengan di Kota Pekalongan tentu membuat daya tahan tubuh menurun, jamaah dari Kota Pekalongan hanya mengalami batuk dan pilek. Selain itu karena banyaknya berjalan kaki yang dialami hanya kelelahan,” katanya.

Kabag Kesra Setda Pekalongan, M Sahlan, yang ikut menyambut kedatangan jamaah haji mengaku bersyukur sebagian besar jamaah haji bisa kembali dalam kondisi sehat. Meskipun di tanah suci sempat terjadi hujan badai. “Hari ini kloter 8 sudah kembali. Besok kloter 9 akan sampai disini pukul 13.00,” kata Sahlan. (nul)

Facebook Comments