Radar Batang

Sruduk Truk Pertamina, Truk Ampas Tahu Terguling di Alas Roban

Truk Terguling

KECELAKAAN – Truk sarat muatan ampas tahu terguling di jalur beton Lingkar Selatan Pantura Alas Roban, Kabupaten Batang, Kamis (29/8) pagi.
M DHIA THUFAIL

GRINGSING – Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di jalur beton Lingkar Selatan Pantura Alas Roban Kabupaten Batang, Rabu (29/8) pagi. Dua unit kendaraan besar terlibat kecelakaan, yakni sebuah truk tronton sarat muatan karung bernomor polisi BE-9722-BQ dengan truk Pertamina bernomor polisi G-1772-DA.

Truk muatan ratusan karung berisikan ampas singkong yang dikemudikan Eko Setiyawan (26), warga Tejoagung Rt 15 Rw 5, Kelurahan Metro Timur, Kecamatan Kota Metro, Kota Lampung, mengalami gagal pengereman. Akhirnya, menabrak sebuah truk tangki muatan bahan bakar milik PT Pertamina yang dikemudikan Sarmin (43), warga Lengkong Rt 6 Rw 3, Desa Adinuso, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

Akibat kejadian itu, truk bermuatan ampas singkong terguling dan muatannya tumpah ke badan jalan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, jalur pantura alas roban, Gringsing, sempat tersendat lantaran truk terbalik dan menutupi seluruh badan jalan, ruas Jakarta – Surabaya.

Eko Setiawan menuturkan, saat itu dirinya tengah melakukan perjalanan dari Lampung menuju ke Surabaya. Namun apes, sesampai di jalur pantura Alas Roban, Lingkar Beton Selatan Gringsing, mengalami rem blong.

“Guna menghindari tabrakan, saya sempat banting setir kekanan hingga roda kendaraan naik ke median pembatas jalan, dan menabrak truk tangki yang berada di depan. Sehingga truk saya terbalik, dan menyebabkan badan truk melintang di tengah jalan dengan muatan tumpah,” ujarnya.

Kernet truk tangki Pertamina, Febi, membenarkan hal itu. Truk yang ia tumpangi bersama sang supir ditabrak dari belakang oleh truk sarat muatan ampas singkong tersebut. Beruntung, saat ditabrak truknya dalam kondisi kosong muatan, sehingga tidak sampai ada ledakan maupun kebakaran akibat benturan keras. (fel)

Facebook Comments