Radar Batang

Mensyukuri Kemerdekaan dengan Optimal

Agung Wisnu Barata S Sos MM

Agung Wisnu Barata S Sos MM

KEMERDEKAAN adalah nikmat yang mahal dan berharga bagi sebuah bangsa maupun setiap manusia. Sebab, kemerdekaan hakikatnya adalah potensi bawaan setiap manusia sebagai anugerah Tuhannya.

“Nikmat kemerdekaan itu lebih tinggi derajatnya dari nikmat hidup. Sebab, kemerdekaan (berpikir) hanya dimiliki manusia, sementara nikmat hidup dimiliki juga oleh binatang. Itu sebabnya, para pahlawan kemerdekaan selalu memekikkan kalimat merdeka atau mati,” kata Kepala Kesbangpol Batang, Dr Agung Wisnu Barata MM, baru-baru ini.

Sebagai sekumpulan manusia maupun komunitas bangsa, nusantara karenanya tak rela hidup dalam kunkungan penjajahan. Kata Agung, mereka rela mati untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Karena itu, nikmat kemerdekaan wajib disyukuri dengan semestinya dan seoptimal mungkin.

“Bagaimana mensyukuri nikmat kemerdekaan, ya tidak lain menggunakan potensi kebebasan berpikirnya untuk meningkatkan kualitasnya sebagai manusia, sebagai bangsa. Kualitas pikir harus selaras dengan kualitas dzikir, sehingga interaksi kedunya akan melahirkan hikmah yang menuntun pada kebaikan,” terang Agung. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin

Facebook Comments