Radar Kendal

KPU Diminta Lebih Kreatif Gaet Pemilih Pemula

KPU Diminta Lebih Kreatif Gaet Pemilih Pemula

TERIMA MASUKAN – KPU kendal menerima banyak masukan dalam FGD evaluasi Pilgub 2018, kemarin.
NUR KHOLID MS

KENDAL – KPU Kabupaten Kendal mendapatkan banyak masukan saat kegiatan evaluasi Pilgub jateng 2018 bersama sejumlah ormas, OKP, dan lainnya, Selasa (28/8), di RM Aldila. Salah satu masukan itu, yakni meminta KPU lebih kreatif untuk meningkatkan antusiasme pemilih pemula.

Kegiatan diikuti perwakilan ormas pemuda dan ormas agama di Kab Kendal, di antaranya KNPI, Fatayat NU, IPNU, Aisiyah Muhammadiyah, LDI dan lainnya.

Sekretaris KNPI Kendal, Arifianto, berharap KPU bisa menciptakan pesta demokrasi yang diminati para pemilih pemula. KPU perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan bagi para pemilih pemula supaya lebih antusias mengikuti pemilu. “KPU harus sering mengadakan kegiatan yang menarik bagi pemilih pemula atau anak-anak muda,” katanya.

Masukan lainya, Muslihah dari Aisiyah Muhammadiyah Kendal meminta supaya KPU lebih memperhatikan para pemilih di rumah sakit dan puskesmas, baik pasien rawat inap dan keluarga yang menunggu maupun para petugas rumah sakit dan puskesmas. Menurutnya, banyak pasien rawat inap dan keluarga yang menunggu, termasuk para pekerja rumah sakit tidak bisa memilih karena tidak bisa pulang. “Sebaiknya ada petugas TPS yang jemput bola,” katanya.

Ketua KPU Kendal, Hevi Indah Oktaria, mengatakan, apa yang disampaikan oleh peserta sebenarnya sudah dilakukan oleh jajarannya. Kemungkinan, sosialisasi yang dilakukan belum sampai ke semua masyarakat. KPU bahkan bekerja sama dengan ormas-ormas yang ada untuk membantu sosialisasi ke masyarakat. “Yang menjadi catatan, nanti supaya sosialisasi benar-benar sampai ke semua masyarakat,” katanya.

Menurut Hevi, secara umum Pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Kendal berlangsung lancar dan aman. Namun, masih banyak yang harus dievaluasi sebagai bahan masukan supaya pelaksanaan pemilu berikutnya bisa berjalan lebih baik. Angka partisipasi masyarakat pada Pilgub Jateng lalu juga yang cukup tinggi. “Evaluasi ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir Pelaksanaan Pilgub lalu sebagai bahan masukan untuk penyelenggaraan pemilu berikutnya supaya lebih baik,” ujarnya. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments