Radar Pendidikan

Siswa SD Ini Siap Maju MTQ Tingkat Nasional

Juara 1 MTQ

MERAIH – Siswa SD Muhammadiyah Bligo meraih juara I MTQ Anak dalam Olympicad dan Olimpiade Pecinta Quran tingkat Jawa Tengah.
FAKHRUN NISA

BUARAN – SD Muhammadiyah Bligo akan mengirimkan wakilnya Zabadil Bahri, siswa kelas VI, pada ajang Olimpiade Pecinta Quran (OPQ), dalam kategori MTQ anak pada 20-24 November mendatang di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Zabadil Bahri menjadi juara I pada seleksi OPQ tingkat Jawa Tengah, yang telah diselenggarakan sebelumnya, sehingga berhak maju ke tingkat nasional.

Guru Agama sekaligus pendamping, Nur Afiyah, menuturkan itu kali pertama SD Muhammadiyah Bligo mengirimkan delegasi ke OPQ tingkat nasional. Berbagai persiapan dilakukan demi mendapatkan hasil yang maksimal.

“Sebenarnya OPQ tingkat nasional akan diselenggarakan pada 6-10 September di Lombok. Tetapi karena terjadi bencana di sana, maka perlombaan diundur tanggal 20-24 November. Kami menggelar latihan secara intensif dan menghimbau Bahri untuk menjaga kondisi tubuh agar sehat,” ujarnya kepada Radar Pekalongan.

Untuk melatih Bahri yang akan bertanding di Lombok, SD Muhammadiyah Bligo telah mendatangkan pelatih tilawah dari luar sekolah, yakni Ustadz Murokib. Bahri dilatih untuk mendalami lagu, irama, kefasihan, serta latihan pernafasan.

Afiyah, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa Bahri termasuk siswa berprestasi di sekolah. Sebelumnya, Bahri juga pernah menjuarai lomba murottal Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), lomba adzan Milad Muhammadiyah, lomba tilawah MAPSI, dan MTQ pelajar di tingkat Kabupaten Pekalongan.

Prestasi terbaru yang diraih oleh Bahri adalah juara I MTQ SD/MI dalam ajang Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) VI tingkat Jawa Tengah yang telah diselenggarakan di Purwokerto pada 13-14 Agustus lalu. Bahri akan maju ke Olympicad Nasional pada 2019 mendatang.

“Ini kali pertama maju ke tingkat nasional, baik di Olimpiade Pecinta Quran atau di Olympicad. Mudah-mudahan Bahri bisa mengikuti perlombaan dengan lancar, sukses maksimal, dan menghasilkan yang terbaik,” tandas Afiyah. (run)

Facebook Comments