Radar Batang

Membanggakan, 4 SD dan 1 SMP di Batang Sabet Penghargaan Adiwiyata Provinsi

Penghargaan Adiwiyata Provinsi

PENGHARGAAN – Kepala Sekolah SDN Negeri SImbangjati, Nining Suparmi, menerima sertifikat penghargaan dari Kepala DLHK Jateng, Sugeng Riyanto dan Kepala Sekolah SD Negeri Kenconorejo 1, Siti Nurjanah paling kiri.
M DHIA THUFAIL

SEMARANG — Lima sekolah di Kabupaten Batang, Selasa (28/8) berhasil menyabet penghargaan Sekolah Adiwiyata dan Lingkungan Kelurahan Bersih dan Hijau Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Selasa (28/8) di Semarang.

Dari lima sekolah tersebut, empat di antaranya merupakan Sekolah Adiwiyata binaan PT Bhimasena Power Indonesia (BPI), yakni 3 SD dan 1 SMP. Kelimanya, yakni SDN Simbangjati, SDN Kenconorejo 01, SDN 02 Karanggeneng, dan SMPN 02 Kandeman. Sementara satu Sekolah Dasar lainnya yang mendapatkan penghargaan adalah SDN Cluwuk.

Kepala SDN Simbangjati, Nining Suparmi mengaku bangga, karena jerih payah pihak sekolah dan siswa akhirnya diganjar penghargaan tingkat provinsi. “Jerih payak semua pihak menjadi terbayarkan,” ucapnya.

Dikatakan Nining, pihaknya meminta PT BPI untuk terus mendampingi dan mendukung penuh program Adiwiyata. Karena semua elemen masyarakat di sekitar sekolah mendukung penuh kegiatan tersebut. “Tidak hanya untuk SD Simbangjati saja, tapi kepada lingkungan dan sekolah lainnya,” pinta Nining.

Senada, Kepala SMPN 02 Kandeman, Drs Machmud Sabarjo, mengatakan, penghargaan tersebut akan dijadikannya sebagai cambuk untuk lebih semangat lagi menjaga lingkungan sekolah. Harapannya, mereka bisa meraih penghargaan yang lebih tinggi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provnsi Jateng, Ir Sugeng Riyanto, mengatakan bahwa sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata tingkat provinsi diharapkan bisa mengikuti ke tingkat nasional. “Sekolah adiwiyata harus bisa menjadi contoh untuk semuanya, tidak hanya di lingkungan sekolah, tapi juga di lingkungan masyarakat di mana sekolah itu berada” tegas Sugeng Riyanto.

Senior Manager CSR PT BPI, Bhayu Pamungkas, mengatakan, PT BPI telah mendukung program sekolah Adiwiyata kepada sekolah-sekolah di sekitar perusahaan sejak 2016. Hingga saat ini, sudah sembilan SD dan SMP yang menjadi sekolah adiwiyata binaan. Dari jumlah itu, lima di antaranya sudah mendapatkan predikat tingkat provinsi dan satu di antaranya kini sedang mengikuti tingkat nasional, yakni MI Ujungnegoro 02.

“Kepada semua sekolah adiwiyata yang sudah mendapatkan penghargaan tingkat provinsi, bisa lebih giat lagi untuk meningkatkan programnya, sehingga nantinya bisa mengikuti program tingkat nasional, seperti MI Ujungnegoro yang sudah lebih dulu meraih tingkat provinsi. Terima kasih kepada pihak sekolah, DLHK Kabupaten Batang yang telah bekerjasama mendukung penuh program ini, sehingga berhasil meraih penghargaan,” tandas Bhayu. (fel)

Facebook Comments