Radar Kajen

Kabar Gembira, di Paninggaran akan Dibangun Rumah Sakit

Kunker Puskesmas Paninggaran

KUNJUNGAN KERJA – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat melakukan kunjungan kerja di Puskesmas Paninggaran, Selasa (28/8).
MUHAMMAD HADIYAN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan berencana membangun Rumah Sakit (RS) Paninggaran Type D. Seperti apa? Triyono, Kajen

Ada kabar gembira untuk masyarakat Kecamatan Peninggaran Kabupaten Pekalongan. Tak lama lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan segera membangun Rumah Sakit (RS) Paninggaran Type D.

Pernyataan optimisme tersebut disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat melakukan kunjungan kerja di Puskesmas Paninggaran, Selasa (28/8). Menurutnya, pernyataan itu bukan tanpa alasan, mengingat letak Puskesmas Paninggaran yang strategis yaitu dijalur menuju Kecamatan Kalibening – Kabupaten Banjarnegara, dan juga ke Kecamatan Kandangserang – Kabupaten Pekalongan.

Maka, kata Bupati Asip, sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi masyarakat di bidang kesehatan, Puskesmas Paninggaran tersebut diproyeksikan untuk menjadi RS Type D.

“Mereka menuntut pelayanan kesehatan yang dekat, yang baik, dan berkualitas. Ini menjadi tantangan bagi kita untuk menciptakan sebuah tempat pelayanan kesehatan walaupun ini daerah pegunungan perbatasan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara,” tegas Bupati Asip Kholbihi didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU TARU) Wahyu Kuncoro, Kepala Bappeda dan Litbang Ir Bambang Irianto, dan dr Amrozi Taufik dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

Lebih lanjut, Asip menyatakan, secara fisik Puskesmas Paninggaran sudah memungkinkan untuk dijadikan RS Type D. Tinggal diperbanyak ruang-ruang rawat inapnya dimana sekarang ini sudah ada.

“Nanti akan kita lengkapi, ada ruang rawat inap khusus anak, rawat inap pria/wanita, dapur, lab dan juga dokternya. Ini adalah starting point untuk menuju RS Type D di Kecamatan Paninggaran. Karena cita-cita kita ke depan kecamatan-kecamatan yang strategis bisa didirikan RS Type D, semacam Mini Hospital,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai langkah awal, telah didorong upaya memperbanyak lagi ruang rawat inapnya sambil menata SDMnya. “Demikian pula dengan aspek penyediaan lahan yang telah mencukupi hanya tinggal penataan saja. Jumlah pasien telah banyak, karena melayani juga pasien dari Kecamatan Kalibening dan Kecamatan Kandangserang. Cukup strategis karena terletak di jalur Propinsi dan saya optimis ini akan segera terwujud,” tambahnya.

Bupati menuturkan untuk menuju ke RS Type D memang harus memperbanyak ruang rawat inapnya. “Nanti lama-lama akan menjadi RS Type D sendiri, tinggal nanti Puskesmas Rawat Jalan di share ke masyarakat,” tegasnya. (*)

Facebook Comments