Radar Pendidikan

Kata Ibu Kepala Sekolah Ini, Ubah Mindset Agar Enjoy Belajar

Heti Puryanti

Heti Puryanti
Kepala SMAN 1 Kajen

KAJEN – Dalam mendidik siswa, Heti Puryanti, Kepala SMAN 1 Kajen yang telah menjadi pendidik sejak 1989 berusaha mengubah mindset siswa agar bisa enjoy belajar.

Perempuan yang akrab disapa Heti itu, mengampu pelajaran matematika yang sering dianggap momok menakutkan oleh siswa. Sehingga dirinya berusaha mengubah mindset siswa, untuk mencintai matematika.

Menurutnya, setelah siswa mampu mencintai pelajaran maka belajar akan terasa lebih menyenangkan dan siswa mampu menikmatinya.

“Karena saya mengajar matematika, sedangkan mindset siswa menganggap matematika itu momok yang menakutkan, maka minimal anak-anak kami bawa untuk lebih dulu mencintai mapelnya, setelah itu anak-anak bisa belajar dengan lebih menyenangkan dan menikmati. Kita mengubah mindset anak dulu, bahwa matematika itu tidak sulit, jika ada kemauan untuk belajar terus-menerus,” ujar Heti.

Diceritakan, Heti mulai menjadi pendidik pada tahun 1989 di SMA 2 PGRI Kajen sebagai Guru Tidak Tetap (GTT). Setelah mengajar di sana hampir dua tahun, dirinya pindah mengajar ke SMAN 1 Kajen hingga 2012.

“Tahun 2012 saya diamanahi menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Kesesi selama satu tahun, kemudian pindah ke SMAN 1 Bojong, dan kembali lagi ke SMAN 1 Kajen terhitung sejak Februari 2015,” jelas Heti.

Dalam mengelola sekolah, Heti menggunakan pendekatan personal agar lebih dekat dengan siswa. Dengan menampilkan naluri keibuan, Heti berusaha memahami kebutuhan siswa. Untuk SMAN 1 Kajen, Heti tengah menargetkan predikat sekolah Adiwiyata Mandiri setelah berhasil meraih predikat sekolah Adiwiyata Nasional. (run)

Facebook Comments