Radar Batang

PSDKU Undip di Batang Diminati hingga Luar Jawa

PSDKU Undip di Batang Diminati hingga Luar Jawa

TINJAU – Asisten I Pemkab Batang saat meninjau pelaksanaan UM PSDKU D3 Undip di SMAN 1 Batang, Minggu (26/8).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Sebanyak 146 peserta mengikuti Ujian Mandiri (UM) jalur Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) D3 Undip di SMAN 1 Batang, Minggu (26/8). Tak hanya dari Batang, peserta UM kali ini juga datang dari berbagai daerah, seperti Sumatera Utara, Medan, Yogyakarta, Papua, dan lainnya.

Asisten I Pemkab Batang, Dr Retno Dwi Irianto, berharap banyak putra daerah Batang yang memanfaatkan kesempatan ini. Banyak pula putra daerah yang dapat lolos sesuai dengan grade yang dipatok Undip.

“Kami harap di antara banyak yang mengikuti UM Undip ini banyak putra daerah Batang yang diterima. Di Batang sendiri tahun ini sudah menerima mahasiswa dengan program PSDKU D3, yakni D3 Kehumasan dan D3 Administrasi Perpajakan,” terang Retno didampingi Kepala SMAN 1 Batang, Siti Ismuzaroh selaku koordinator tempat.

Retno menambahkan, nantinya untuk tahun pertama perkuliahan PSDKU akan menempati eks Gedung Dispaperta Batang. Sembari menunggu pendirian kampus Undip di Desa Tumbrep Bandar yang rencananya akan dibangun sebagai Fakultas Peternakan dan Pertanian.

Sementara itu, Koordinator Lokasi Ujian UM, Bina Kurniawan, menerangkan, ada sekitar 146 peserta yang mengikuti ujian mandiri di Batang. Terdiri dari 134 peserta jalur soshum dan 12 peserta jalur saintek.

“Untuk UM PSDKU sebenarnya kita tidak hanya di Batang saja. Tetapi ada di Pekalongan, Demak dan Rembang. Tinggal peserta yang memilih akan mengambil ujian di mana. Jadi juga tidak mesti yang ujian di Batang ini bakal kuliah di Batang, tapi sesuai dengan jurusan yang menerima mereka,” terangnya.

Bina menambahkan, setidaknya ada empat kabupaten yang menjadi mitra PSDKU Undip. Pertama, PSDKU Kampus Kabupaten Pekalongan dengan prodi

D3 Akuntansi serta D3 Perencanaan Wilayah dan Kota. Kedua, Kampus PSDKU Kabupaten Batang dengan prodi D3 Administrasi Pajak dan D3 Hubungan Masyarakat. Ketiga, Kampus Kabupaten Demak dengan prodi D3 Akuntansi dan STr-Rekayasa Perancangan Mekanik. Terakhir, PSDKU Kampus Kabupaten Rembang dengan prodi D3 Manajemen. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments