Radar Kajen

Antisipasi Pungli, Pelayanan SIM Diperketat

Antisipasi Pungli, Pelayanan SIM Diperketat

PEMBINAAN – Sejumlah anggota Satlantas Polres Pekalongan bagian pelayanan SIM diberikan pembinaan oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, kemarin.
TRIYONO

Untuk mengantisipasi praktik Pungutan Liar (Pungli) oleh oknum petugas kepada pemohon SIM, Polres Pekalongan melalui Satuan Penerbitan Administrasi (Satpas) memperketat pengawasan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan pun turun tangan. Ia memerintahkan personil Sipropam, Provos dan Paminal, untuk membantu mengawasi pelaksanaan pelayanan yang bebas pungli di kantor pelayanan Satpas SIM Polres Pekalongan. Langkah ini untuk mengantisipasi praktik pungli.

“Satpas SIM Polres Pekalongan sendiri berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik, salah satunya dengan memasang spanduk yang berisi informasi mekanisme pembuatan SIM. Pemasangan alur mekanisme atau prosedur tentang proses pembuatan atau pelayanan SIM yang lebih jelas dan informatif untuk menghindari praktek percaloan. Sudah kita pasang spanduk di dekat loket-loket,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga transparan dengan hasil ujian SIM dan juga biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di tempat pelayanan SIM.

“Kami mempersilakan kepada masyarakat untuk tidak ragu bertanya tentang kepastian biaya yang harus dibayar,” lanjutnya.

Ia juga membuka layanan pengaduan apabila masyarakat menemukan adanya praktek percaloan dan pungli di Satpas SIM Polres Pekalongan.

“Kami sudah memerintahkan kepada Sipropam untuk secara rutin melakukan sidak di Satpas pelayanan SIM Polres Pekalongan. Disana anggota Sipropam secara langsung mengecek prosedur yang dilakukan oleh petugas yang melayani masyarakat dalam pembuatan maupun perpanjangan SIM.”

Kapolres Pekalongan mengancam untuk memberikan sanksi tegas kepada anggotanya yang melakukan pungli.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, jangan segan-segan dan ragu untuk melaporkan kepada kami jika menjumpai adanya praktik pungli di pelayanan Satpas SIM Polres Pekalongan,” imbau Kapolres. (yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments