Radar Batang

Catat Ini, November Tol Pemalang-Batang Rampung

JALUR TOL – Kondisi tol Pemalang-Batang di ruas Warungasem. M DHIA THUFAIL

BATANG – Proses pengerjaan konstruksi tol ruas Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer hingga akhir bulan Agustus sudah mendekati tahap akhir. Ditargetkan, pada bulan November 2018 nanti proses konstruksi jalan bebas hambatan itu sudah bisa selesai secara keseluruhan.

Pimpinan Proyek (Pimpro) PT Waskita Karya Pemalang Batang Tol Road (PBTR), Aminudin, mengatakan bahwa progress konstruksi tol Pemalang-Batang mulai dari Desa Sewaka Kabupaten Pemalang hingga Desa Pasekaran, Kabupaten Batang, sudah mencapai 86 persen. Pada bulan November 2018 nanti karenanya ditargetkan sudah selesai.

“Proses pengerjaan konstruksi tol ruas Pemalang-Batang kini sudah mendekati tahap akhir (finishing). Sehingga pada akhir bulan November 2018 mendatang bisa selesai secara keseluruhan,” ungkapnya didampingi Humas PT Waskita Karya PBTR Paket IV, Misbachul Huda.

Menurut Aminudin, untuk paket IV mulai dari Pekajangan Kabupaten Pekalongan hingga Desa Pasekaran Kabupaten Batang sudah selesai pengerjaan pengerasan jalan dengan rigid dan hanya menyisakan akses jalan saja.

“Ada yang belum pengerasan jalan sekitar 40 persen pada paket III mulai dari Desa Cibiyuk Kabupaten Pemalang hingga Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Itu sifatnya spot-spot atau titik-titik tertentu saja,” katanya.

Saat ini, lanjut Aminudin, proses konstruksi tol Pemalang-Batang sedang terus dikerjakan, sehingga pada November 2018 sudah selesai. Dengtan demikian, pada Desember mendatang sudah dapat dilalui kendaraan pada perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Ditambahkan Aminudin, untuk pekerjaan paket II Sewaka-Gandulan Kabupaten Pemalang sudah selesai 100 persen dan bisa dioperasionalkan pada September 2018. Berbagai fasilitas pendukung, kata dia, seperti gerbang tol yang sudah uji layak operasi dan rambu-rambu lalu lintas juga telah terpasang.

“Saat ini tinggal menunggu jadwal peresmian oleh Presiden Joko Widodo mulai dari Brebes Exit (Brexit) ke jalur tol Gandulan,” tandasnya. (fel)

Facebook Comments