Radar Kendal

Catat Ini, Lima Daerah Siap Meriahkan Karnaval HUT Kendal

JUMPA PERS – Sekda Kendal, Moh Toha, memberikan jumpa pers untuk menjelaskan rencana pelaksanaan karnaval HUT Kendal, kemarin.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Pemkab Kendal bakal menggelar karnaval dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-413. Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Boja, Satu (25/8) besok itu dipersiapkan semeriah mungkin, termasuk dengan menghadirkan kontingen dari lima daerah lain di Jawa Tengah.

Kepastian itu dijelaskan Sekda Kendal, Moh Toha, saat jumpa pers, Kamis (23/8). Kata dia, Acara karnaval akan dimulai pukul 13:00-17.30 WIB. Sementara rutenya melintasi sepanjang Jalan Pemuda. Dimulai dari pertigaan Jalan Pramuka menuju Pasar Boja dan pangung kehormatan di Balai Desa Bebengan.

“Saat pelaksanaan karnaval jalan akan ditutup. Penutupan jalan akan dimulai pukul 12:00, hingga selesai pelaksanaan acara,” katanya saat jumpa pers, Kamis (23/8).

Toha meminta kepada masyarakat Boja dan sekitarnya agar menghindari jalur di Jalan Pemuda saat pelaksanaan karnaval karena akan dialihkan. Pengalihan arus sendiri akan dilakukan petugas Dishub Kendal bersama Polri dan TNI serta Satpol PP dengan membuat rekayasa lalu lintas. “Jalur yang akan digunakan untuk karnaval akan kami tutup total,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kendal, Suharjo, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi pengguna jalan yang melintas. Kebijakan itu dibutuhkan untuk mengurai kemacetan jalan.

Pengguna jalan dari arah Sukorejo menuju Kendal atau semarang akan dialihkan melalui jalan Bebengan-Somopuro-Gentan Lor-Simpang Kolam Renang Boja- Lamerding- Kendal atau Semarang. Jarak yang ditempuh sepanjang 10,2 kilometer. Sedangkan dari Kota Semarang menuju Sukorejo, akan dialihkan menuju Pertigaan Genuk – Meteseh – Simpang Lamerding– Somopuro – Bebengan, dengan jarak tempuh 8,5 kilometer. “Sedangkan Semarang ke Limbangan dialihkan ke Terminal Cangkiran-Tamanrejo-Sekatul-Limbangan sepanjang sembilan kilometer,” terangnya.

Kemudian, Suharso, mengatakan, untuk arah Limbangan dan Sumowono ke Semarang dialihkan ke Sekatul – Tamanrejo – Cangkiran – Mijen/Jrakah . Semetnara arah Limbangan/Sumowono – Kendal dialihkan ke Jalan Sekatul – Tamanrejo – Cangkiran – Mijen, sepanjang sembilan kilometer. Adapun arah Limbangan dan Sumowono menuju Sukorejo, khusus kendaraan kecil melalui Kali Gading – Blimbing – Masiran – Bebengan sepanjang 6,7 kilomter. “Sedangkan untuk kendaraan besar melalui Sekatul – Tamanrejo-Cangkiran – Meteseh – Bebengan sepanjang 17 kilomter,” tandasnya.

“Untuk pengamanan jalan, kita libatkan 20 personel Polri, TNI 10 personel, Dishub 30 personel dan Satpol PP 70 personel,” pungkasnya. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments