Radar Pendidikan

Di Sekolah Ini Membatik Tetap Program Unggulan

Di Sekolah Ini Membatik Tetap Program Unggulan

BELAJAR – Suasana belajar siswa SD Negeri 02 Siwalan, Rabu (15/08).
EKA ISDITYA

SIWALAN – SD Negeri 02 Siwalan cukup sering mencatatkan prestasinya di bidang membatik. Salah satunya dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Pihaknya berhasil melaju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016 silam.

Diungkapkan Kepala SDN 02 Siwalan, Kasbani SPd, membatik telah menjadi salah satu program yang diunggulkan di SD yang terletak berdekatan dengan Balai Desa Siwalan Kecamatan Siwalan ini.

“Alhamdulillah kalau ada lomba membatik kami cukup sering mendapat juara, sayangnya sekarang ini di FLS2N cabang lomba membatik sudah ditiadakan,” tuturnya ketika ditemui Radar Pekalongan di kantornya, Rabu (15/08).

Para siswa SDN 02 Siwalan telah lama diberikan pelajaran hingga latihan-latihan membatik mulai dari membuat batik tulis hingga membuat batik cap variasi. Menurut Pak Kasbani, sapaan akrabnya, pihaknye memiliki salah seorang guru yang juga senang dan memiliki basic keahlian membatik sehingga memudahkan untuk membina para siswanya. “Salah satu ya karena ada Bu Nur Khasanah ini yang melatih anak-anak,” tambahnya.

Kendati telah ditiadakannya cabang lomba membatik dalam FLS2N 2018, pihaknya tetap ingin mempertahankan budaya dan program unggulan membatik yang ada di SD Negeri 02 Siwalan. “Sekarang ini membatik memang tidak masuk kedalam mulok (muatan lokal), namun tetap kami masukkan dalam pelajaran SBDP (Seni Budaya Dan Keterampilan),” tandasnya. (yak)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments