Radar Kajen

Pekan Raya Kajen, Tampilkan Produk Unggulan dan Diikuti 160-an Stan

ARENA BERMAIN - Selain menyediakan ratusan Stan, dalam Pekan Raya Kajen juga terdapat arena bermain di Alun Alun Kajen. TRIYONO

ARENA BERMAIN – Selain menyediakan ratusan Stan, dalam Pekan Raya Kajen juga terdapat arena bermain di Alun Alun Kajen.
TRIYONO

Pekan Raya Kajen atau dikenal Kajen Expo bakal kembali digelar di Jalan Mandurorejo Kajen Kabupaten Pekalongan. Adapun kali ini akan dilaksanakan mulai Sabtu, tangga 25 sampai 31 Agustus 2018 dengan konsep lebih menonjolkan produk unggulan dari Kota Santri. Seperti apa? Triyono, Kajen

Pekan Raya Kajen atau dikenal Kajen Expo merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Pekalongan. Dalam Pekan Raya Kajen Pemkab Pekalongan yakni dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM bakal menyediakan 164 stan. Di stan tersebut nantinya akan diisi produk unggulan UKM dari Kota Santri dan juga diisi dari berbagai wilayah dari dalam dan luar pulau jawa.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagagan, Koperasi dan UKM Kabupaten Pekalongan, Hurip Budi Riyantini, ketika di ruang kerjanya menyatakan bahwa Pekan Raya Kajen kali ini berbeda dengan tahun kemarin. Menurutnya, untuk tema ‘Bangga Produk Unggulan Kita’.

Untuk itu dalam Pekan Raya Kajen Dinperindagkop berusaha untuk menampilkan produk unggulan yang ada di Kabupaten Pekalongan antara lain dari sektor Tekstil dan produk turunan, yaitu seperti ada batik, konveksi Jins, Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dan adapula kasa.

Selain itupula, ada produk kerajinan terutama produk unggulan masalah potensi pertanian, perikanan di wilayah Kota Santri.

“Adapula yang berpotensi di kita yaitu punya pariwisata. Jadi yang kita tonjolkan itu lebih mengutamakan Usaha Kecil Menegah (UKM) atau yang bergerak dibidang itu. Untui itu kita tampilkan produk unggulan dan kita berusaha menclusterisasi,” terangnya.

Selain produk unggulan, lanjut dia, Adapula stan dari OPD yang ditampilkan seperti pelayanan dan informasi. Seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kemudian untuk informasi seperti Bapedda, Perijinan, Pariwisata dan lainnya.

“Karena stan terbatas maka yang lain didorong untuk mandiri seperti KPUD yang cukup penting yaitu informasi bertepatan dengan waktu Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Untuk stan total 164 namun yang difasilitasi APBD ada 50 stan,” lanjutnya.

Sementara yang akan ikut memeriahkan Pekan Raya Kajen diantaranya ada stan Kementrian Perdagangan, Kementrian Imigrasi hukum dan ham, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BKSDA diwakili dari Jawa Tengah, Dirjen Minerba, Kementrian PUPR, Pemprov Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kemudian dari Kabupaten Kota luar Jawa seperti Makasar, Bukit Tinggi dan lainnya. Sedangkan dari daerah tetangga seperti dari Pemalang, Demak, Cilacap, Kabupaten Semarang.

“Adapula kuliner, kemudian akan diisi workshop pasar online, lomba Video drone dan mewarnai oleh siswa siswi Paud se Kabupaten Pekalongan,” imbuhnya. (*)

Facebook Comments