Radar Jateng

Kenalkan Santri dengan Media Online

Santri Media Online

DISKUSI – Puluhan santri Ponpes Futuhiyyah Mranggen mengadakan diskusi intern tentang media online di perpustakan pondok setempat, Selasa malam (21/8).
MUHAMMAD HADIYAN

SEMARANG – Puluhan santri Ponpes Futuhiyyah Mranggen mengadakan diskusi intern yang diadakan di perpustakan pondok setempat, Selasa malam (21/8). Diskusi ini mengupas banyak materi tentang pengelolaan Website Ponpes Futuhiyyah. Di antaranya pengenalan tentang seluk-beluk website Futuhiyyah Online yang pada saat ini masih dalam tahap pengembangan.

M Salapudin selaku pengelola website Futuhiyyah megajak supaya seluruh santri terkhusus santri Futuhiyyah bisa menjaga dan mengembangkan website tersebut. Mengingat dalam konteks era yang semakin modern ini, salah satu media dakwah adalah dengan cara menulis yang akan dipublikasikan dan disebarkan ke masyarakat umum.

Di dalam website Futuhiyyah ini terdapat kolom yang bisa diakses oleh masyarakat umum, di antaranya adalah kolom kabar yang berisikan event terbaru yang terjadi di Futuhiyyah. Disamping itu terdapat juga kolom mimbar kyai, artikel, essay, cerpen, puisi dan masih banyak lagi yang segala tulisannya tidak hanya memuat tulisan dari santri saja, akan tetapi alumni pun juga bisa berkonstribusi dalam pengiriman tulisannya.

Wakil Pondok Pesantren Futuhiyyah Rizal Akhyar, saat membuka kegiatan, mengatakan, era digitalisasi ini banyak masalah yang semakin komplek dan meresahkan masyarakat. Di antaranya penyebaran berita hoax yang sempat viral akhir-akhir ini.

“Masyarakat belum mampu memfilter sendiri hingga begitu mudahnya terbawa berita yang belum tentu kredibilitasnya sampai menambah rasa khawatir,” kata dia.

Menurut Rizal Akhyar, dengan diadakannya diskusi intern ini diharapkan para santri Futuhiyyah mampu menepis isu-isu hoax yang sangat meresahkan warga. “Dengan dikembangkannya Website Futuhiyyah ini diharapkan dapat menjadi ajang belajar santri untuk mengembangkan bakat menulisnya,” pungkasnya. (yan)

Facebook Comments