Radar Kajen

Duh, Dua Tahun Ini Kasus Narkoba Mengalami Peningkatan

Dalam kurun waktu tahun 2016 sampai 2017, kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Pekalongan mengalami peningkatan. Seperti apa? Triyono, Kajen

Duh, Dua Tahun Ini Kasus Narkoba Mengalami Peningkatan

LATPRAOPS- Dalam kurun waktu tahun 2016 sampai 2017 kasus penyalahgunaan Narkoba di wilayah Hukum Polres Pekalongan mengalami peningkatan sebanyak 17 persen. Untuk itu guna menekan penyalahgunaan Narkoba, Polres Pekalongan menggekar Operasi Antik.
TRIYONO

YA, dua tahun ini kasus narkoba naik hingga 17 persen. Di tahun 2016 ada 27 kasus naik menjadi 30 kasus di tahun 2017.

Hal itu dibenarkan Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan melalui Kabag Ops Polres Pekalongan Kompol Mohammad Udjir usai Latpraops Antik Candi di ruang Aula Polres Pekalongan, Selasa (21/8).

Guna menekan peredaran narkoba, polisi melakukan penindakan secara preventif atau pencegahan dengan menerjunkan beberapa tim ke wilayah-wilayah yang mencurigakan. Karena wilayah tersebut diindikasikan dijadikan tempat penampungan, penyimpanan, dan peredaran narkotika.

Selain itu, petugas juga mengadakan razia untuk keperluan penyelidikan dan penyidikan bahkan penangkapan terhadap orang-orang yang diduga menyalahgunakan narkotika.

“Razia ini biasanya dilakukan di tempat hiburan malam dan juga tempat-tempat yang informasinya didapatkan dari masyarakat. Dalam rangka meminimalisir peredaran narkoba, Polri dalam hal ini Polres Pekalongan juga bekerjasama dengan instansi dan lembaga terkait, lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, ormas dan lain-lain,” terangnya.

Menurutnya, penyalahguna narkoba merupakan ancaman faktual yang harus segera ditangani karena dampak dari narkotika, psikotropika dan obat obatan terlarang adalah perubahan karakter manusia. “Ini membuat kerugian di segala aspek kehidupan, yang dapat berujung pada musnahnya satu generasi anak bangsa. Merebaknya Narkoba juga berpotensi memunculkan kejahatan kejahatan yang meresahkan masyarakat,” lanjutnya.

Adapun dalam operasi pemberantasan Narkoba dengan sandi Operasi Antik Candi 2018 ini merupakan Operasi terpusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Polres maupun Polda diwilayah Indonesia. Latihan Pra Operasi ini mengambil tema “Melalui Latpraops antik candi 2018 kita tingkatkan kemampuan personel dan sinergitas antar fungsi dalam memberantas tindak pidana peredaran dan penyalah gunaan narkoba di wilayah hukum Polda Jateng’. (yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments