Radar Batang

Tenang, Hewan Kurban Sudah Dicek Kelayakan

M DHIA THUFAIL
CEK – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkannak) Kabupaten Batang melakukan pengecekan hewan kurban.

BATANG – Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkannak) Kabupaten Batang memastikan seluruh hewan kurban yang beredar di wilayahnya harus dalam kondisi sehat dan layak. Upaya itu dilakukan dengan menerjunkan tim ke seluruh titik penjualan hewan kurban guna proses pengawasan dan pengecakan langsung.

Salah satunya saat tim Dislutkannak mengecek rumah ternak ‘Lembu Jaya’ milik Sutopo di Desa Rowobelang, Kecamatan Batang. Pengecekan kesiapan hewan dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya hewan untuk disembelih.

Kepala Dislutkannak Kabupaten Batang, Sugiatmo, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Endah Ulfiati mengatakan, pengecekan hewan memang disiapkan karena sebentar lagi adalah pelaksanaan Idul Adha. Jadi, dipastikan hewan yang akan disembelih benar-benar dalam keadaan sehat dan layak.

“Dalam rangka menghadapi hari raya Idul Adha, kami biasa mengadakan kegiatan rutin pemantauan dan pengecekan dimana menjadi salah satu persiapan hewan qurban sendiri di lapangan baik di peternak, penampungan maupun pedagang untuk memastikan hewan qurban yang dijual memang sehat, dan layak,” ujar Endah.

Dikatakan Endah dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha, pihaknya juga akan menerjunkan tim di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan untuk melakukan pemantauan langsung di tempat pedagang hewan qurban, maupun saat pemotongan pada hari raya baik di masjid dan tempat pemotongan lainnya.

“Kami akan menerjunkan tim yang memantau langsung baik dari pedagang pada jelang Idul Adha hingga saat hari raya pada pemotongan baik di masjid maupun tempat pemotongan lainnya,” jelasnya.

Endah juga menegaskan himbauannya kepada para pedagang hewan qurban untuk tidak menjual maupun memotong hewan qurban berupa sapi betina produktif. “Kami tegaskan kembali dan mengimbau untuk para pedagang hewan qurban tidak menjual hewan betina produktif, karena hal itu juga sudah ditekankan oleh Pemerintah Pusat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Endah juga menyampaikan bahwa ketersediaan hewan qurban di Kabupaten Batang aman. “Kalau untuk stok di Batang sendiri cenderung sangat aman karena populasi juga terus meningkat, dengan jumlah 1500 ekor sapi, dan 2500 kambing setiap tahun,” tandasnya. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail

Facebook Comments