Nasional

Hari ini, Sebagian Warga Jogja Tunaikan Salat Ied

IDUL ADHA: Salat ied di halaman parkir Stadion Mandala Krida, Selasa (21/8). (JawaPos.com)

YOGYAKARTA – Sebagian warga Kota Jogjakarta sudah meggelar salat Idul Adha, Selasa (21/8). Salah satu titik yang digunakan adalah halaman parkir Stadion Mandala Krida. Di tempat itu, lebih seribu jamaah mengikut salat ied yang diselenggarakan panitia dari Komunitas Rindu Islam (KORI).

“Seribu lebih sedikit, hari ini yang mengikuti salat Idul Adha. Jumlahnya tidak bisa diprediksi. Tidak tahu juga dari mana saja,” kata Penasihat KORI Ahmad Sudrajat ditemui usai menggelar salat Idul Adha, Selasa (21/8).

Salat Idul Adha di halaman parkir Stadion Mandala Krida Jogjakarta digelar mulai pukul 06.30 WIB. Setelah selesai, kemudian diisi ceramah yang disampaikan staf pengajar ilmu agama Islam dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara Jogjakarta KH. Sigit Purnawan Jati.

Digelarnya salat ied lebih awal dari ketetapan pemerintah karena mempertimbangkan berbagai hal. Di antaranya, Idul Adha tidak bisa lepas kaitannya dengan ibadah haji di tanah suci.

Pemerintah Arab Saudi menetapkan wukuf di Arafah sebagai puncaknya haji pada Senin (20/8) kemarin. Hal itu bertepatan dengan 9 Dulhijah. Sehingga 10 Dulhijah yang merupakan Idul Adha jatuh pada hari selanjutnya, yaitu Selasa (21/8). “Tak sekadar mengikuti keputusan atau rukyat di Makkah atau Arab. Tapi karena ini tidak bisa dipisahkan dengan ibadah haji,” ucapnya. (dho/JPC)

Facebook Comments