Politik

Mahfud MD Tolak Jadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin

Mahfud MD hadir dalam pembekalan bagi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dan DPRD dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Senin (20/8). Mahfud menolak menjadi ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf. (JawaPos.com)

*Orangnya Prabowo Datangi Rumah Mahfud, Ini yang Dibicarakan

JAKARTA – Mahfud MD digadang-gadang bakal jadi ketua tim kampanye nasional pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Saat‎ dikonfirmasi, Mahfud menolak menjadi ketua tim kampanye nasional.

Alasannya, saat ini dia menjadi Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sehingga harus bersikap netral.

“Saya tidak bisa jadi ketua, karena saya berada di BPIP,” ujar Mahfud saat ditemui usai memberi pembekalan bacaleg PSI di Balai Sarbini, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (20/8).

Mahfud menambahkan, alasan menolak menjadi ketua tim kampanye nasional itu karena BPIP langsung di bawah Presiden Jokowi. Posisinya pun harus netral sebagai penyelenggara negara.

“Ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk menata idelogi termasuk di dalamnya netralitas penyelenggara negara,” katanya.

Oleh sebab itu, apabila dia dipercaya menjadi ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, hal itu sama saja membuktikan dirinya tidak netral sebagai penyelenggara negara.

“Itu berarti saya tidak netral. Itu saja ya,” pungkasnya.

Orangnya Prabowo Datangi Rumah Mahfud

Disisi lain, Mahfud MD juga angkat bicara soal pertemuannya dengan calon legislatif (caleg) Partai Gerindra Sudirman Said dan Said Didu di Yogyakarta, Sabtu (18/8).

Mahfud memastikan bahwa pertemuan di rumahnya itu sama sekali tidak terkait dengan ajakan untuk bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Sandi. Sebaliknya, kata, dia, pertemuan itu telah biasa dilakukan, hanya untuk sekedar curhat mengenai permasalahan bangsa.

“Nggak (bukan mengajak mendukung Prabowo-Sandi),” ungkap Mahfud seperti diberitakan jawapos.com.

Mahfud memastikan bahwa pertemuan di rumahnya itu sama sekali tidak terkait dengan ajakan untuk bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Sandi. Sebaliknya, kata, dia, pertemuan itu telah biasa dilakukan, hanya untuk sekedar curhat mengenai permasalahan bangsa.

“Nggak (bukan mengajak mendukung Prabowo-Sandi),” ungkap Mahfud ditemui usai memberi pembekalan bacaleg PSI di Balai Sarbini, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (20/8).

Mahfud menuturkan, Sudirman said yang dikenalnya sejak lama merupakan teman curhatnya. Bahkan, saat ngejar-ngejar kasus ‘papa minta saham’, juga banyak bercerita kepada dirinya.

“Sudirman Said kan waktu itu diserang banyak orang di DPR, lalu dia datang ke saya, curhat tentang faktanya, nyatanya saya bela, bela lewat opini, sampai dia menang di DPR, Novanto mundur dari kursi Ketua DPR,”

Selain Sudirman dan Said Didu, Mahfud menuturkan, selama ini berbagai kalangan pun dinilainya juga sering berkunjung ke kediamannya hanya untuk sekedar menyampaikan keluh kesah. Ia mengaku menerima siapapun yang ingin berdiskusi dengannya tanpa ada pemihakan politik.

“Nah itu saya sering diskusi tanpa pemihakan politik kepada siapapun, saya sering diskusi saja soal korupsi, soal infomrasi-informasi yang tertutup dan gimana caranya menyelesaikan itu secara kenegaraan, ketemu ya sering sekali,” tuturnya.

Bahkan, lanjut dia, koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin pun kerap melakukan pertemuan dengan dirinya hanya untuk sekedar bertukar pikiran. Sehingga dirinya mengaku tidak ada masalah dengan siapa pun.

“Banyak juga lah, apalagi dari kelompoknya Pak Jokowi juga banyak sering ketemu, jadi ada juga penulis wayang politik di harian rakyat merdeka itu juga datang, diskusi saja, semua datang,” pungkasnya.

Sekedar informasi Pertemuan Mahfud MD dan Sudirman Said diungkap oleh Mahfud lewat akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, Minggu (19/8/2018). Pertemuan berlangsung Sabtu (18/8) kemarin.

“Kemarin sore Pak @sudirmansaid dan Pak @saididu berkunjung ke rumah saya di Yogya. Silaturrahim biasa dan berdiskusi tentang dunia sepakbola. Keduanya adalah kawan lama saya. Terimakasih atas kunjungan 2 jamnya, sahabat-sahabat,” kata Mahfud Md di akun Twitter-nya. (jawapos)

 

Facebook Comments