Metro Pekalongan

Cegah Penyakit, Hewan Kurban pun Diperiksa

WAHYU HIDAYAT
SURAT PERIKSA – Petugas Puskeswan menyerahkan surat bukti pemeriksaan kesehatan hewan ternak kepada salah satu peternak sapi di Kota Pekalongan.

KOTA PEKALONGAN – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemkot Pekalongan melalui Dinas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat dalam sepekan terakhir mulai intensif melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak untuk kurban.
Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah adanya hewan ternak berpenyakit yang disembelih untuk kurban. Pemeriksaan juga penting untuk menjaga mutu dari hewan kurban.

Petugas yang terdiri dari dokter hewan dari Puskeswan dan pegawai Bidnakeswan, memeriksa hewan-hewan ternak untuk kurban berupa kambing dan sapi di sejumlah tempat penampungan, peternakan, maupun rumah pemotongan hewan di kota batik.
Sebagaimana yang dilakukan di salah satu peternakan sapi di daerah Degayu, Pekalongan Utara, kemarin. Fitria Kurniawati selaku Kasi Keswan di Dinperpa Kota Pekalongan mengatakan, pemeriksaan sebagai langkah antisipasi adanya hewan kurban yang terkena penyakit khususnya pada sapi.
Jika dari pemeriksaan ada ternak yang kena penyakit, maka akan langsung ditangani dan dianjurkan untuk tidak disembelih ataupun dijual dahulu sebelum sehat.

“Syarat hewan kurban perlu diperhatikan oleh para penjual ataupun masyarakat. Selain kondisianya baik, hewan ternak juga tidak boleh sakit, cukup umur yaitu di atas 2 tahun, tidak cacat dan disarankan jantan,” tuturnya.
Petugas memeriksa beberapa ekor sapi jantan yang sudah siap dijual dan akan dijadikan hewan kurban. Dari pemeriksaan yang dilakukan, sapi-sapi tersebut semuanya sehat.

Petugas kemudian menyerahkan surat sebagai bukti bahwa hewan-hewan tersebut telah diperiksa kesehatannya. “Pemeriksaan kesehatan hewan ternak seperti sekarang ini akan terus kita lakukan, sasarannyaa beberapa lokasi penampungan hewan kurban, penampungan kambing, sapi, kerbau, maupun tempat peternakan,” imbuhnya. (way)

Facebook Comments