Radar Pendidikan

Sekolah Ini Biasakan Siswanya Tadarus Alquran

FAKHRUN NISA
BELAJAR – Suasana kegiatan belajar mengajar di kelas SD Muhammadiyah Tanjungsari Kajen.

KAJEN – Sebelum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), SD Muhammadiyah Tanjungsari melaksanakan pembiasaan rutin berupa Tadarus Alquran di setiap kelas. Pembiasaan dilakukan seluruh siswa, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Salah satu guru yang juga pernah menjadi Kepala SD Muhammadiyah Tanjungsari, Nurul Hidayah SPi, menuturkan pembiasaan tadarus Alquran telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Surat Alquran yang dibaca menyesuaikan dengan tingkatan di masing-masing kelas. Selain membaca Alquran, siswa juga membaca Asmaul Husna secara bersama-sama.

“Begitu selesai apel pagi, siswa masuk ke kelas masing-masing dan mulai tadarus. Dari kelas 1 sampai kelas 6, sesuai dengan pelajaran mapel agama Islam. Ada enam tingkatan, misal kelas 1 membaca dari surat Al Fatihah sampai Al Fil, kelas 5 surat Al Bayyinah sampai Al Fajr, dan kelas 6 sampai An Naba,” terang Nurul, sapaan akrabnya.

Nurul mengungkapkan, pembiasaan tadarus Alquran dilakukan untuk membumikan dan mengenalkan Alquran sejak dini. SD Muhammadiyah Tanjungsari ingin siswanya terbiasa dengan membaca Alquran, sehingga dapat memunculkan generasi yang hafal Alquran.

“Dengan setiap hari membaca, diharapkan siswa akan hafal. Yang kami harapkan, setelah lulus dari SD Muhammadiyah Tanjungsari paling tidak hafal juz 30. Sudah ada beberapa yang hafal, bahkan ikut lomba Hafidz Quran dan juara di tingkat kabupaten,” jelas Nurul.

SD Muhammadiyah Tanjungsari berencana untuk membuat program khusus tahfidz Quran. Nurul mengaku, sekarang sekolah tengah fokus pada pengembangan tahfidz Quran di sekolah. Dengan program khusus, diharapkan potensi siswa dalam tahfidz Quran semakin berkembang sehingga muncul semakin banyak siswa yang mumpuni dalam bidang Hafidzul Quran. (run)

Facebook Comments