Radar Pendidikan

Pilketos, Belajar Demokrasi Sehat

Pilketos, Belajar Demokrasi Sehat

PEMAPARAN – Salah satu calon Ketua osis terlihat sedang memaparkan visi dan misinya dihadapan para siswa dan guru se SMAN 1 Pekalongan dalam moment debat publik.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) di SMAN 1 Pekalongan, dijadikan ajang belajar siswa dalam berdemokrasi secara sehat.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Pekalongan, Sulikin, kepada Radar Pekalongan di halaman SMAN 1 Pekalongan, Kamis (16/8).
“Pilketos ini adalah memilih ketua osis yang baru, dan kami sengaja desain pemilihan ini layaknya seperti pemilihan umum, agar anak-anak tahu bagaimana berdemokrasi,” ungkap Sulikin.

Menjalankan demokrasi sehat menjadi titik point goal setting yang diharapkan tercapai oleh pihak sekolah, karena mengenalkan demokrasi sejak dini sangat penting demi menjaga kepemahaman anak-anak kedepan.

“Karakter sehat menjadi proyek terbesar kami, tidak hanya sekedar pesta demokrasi saja selesai tapi bagaimana mereka menjalankan demokrasi dengan jujur dan melewati setiap fase pemilihan dengan sehat,” tandasnya.

Kandidat pun tidak luput dari sasaran proyek sekolah, ada kualifikasi khusus yang dipenuhi oleh kandidat ketua osis dan menggunakan seleksi layaknya pada pemilihan umum.

“Tes kandidat pun kita konsep layaknya pemilihan umum, jadi semacam pesta demokrasi didalam sekolah, ada tahapan musyawarah dari masing-masing kelas, kemudian musyawaroh penentuan calon, wawancara pengetahuan, tes psikologi dan barulah keluar nama-nama pasangan calon ketua osis,” imbuh Sulikin.

Untuk meminimalisir adanya gesekan antar pendukung 3 kandidat terpilih dari 7 calon Ketua Osis, pihaknya tanamkan betul bagaimana cara berdemokrasi yang sehat, tanpa ada paksaan, memilih sesuai hati nurani dan pentingnya belajar jujur bersama.

“Kita tidak hanya bertugas mengajarakan bagaimana melaksankan demokrasi yang jujur, memilih sesuai hati nurani, tanpa ada paksaan atau pengaruh teman, namun kita juga membingkai perbedaan itu dengan persaudaraan dan penuh kegembiraan,” ujarnya.

Dia berharap, pesta demokrasi kecil ini bisa mengajarkan anak-anak sejak dini memahmi demokrasi bagaimana yang harus mereka bangun kelak ketika mereka beranjak dewasa.

“Siapapun yang terpilih kita tidak akan mempermasalahkan dan semua pihak harus mendukung. Dan kedepan anak-anak ini harus mampu memanjemen waktunya dengan baik, karena osis di SMAN 1 ini kegiatanya banyak sekali,” terang Sulikin. (mal)

Penulis: Malekha

Facebook Comments