Radar Batang

Perpus SD Ini Terima Penghargaan Disperpuska

Perpus SDN Karangasem 04

TUNJUKKAN – Kepala SDN Karangasem 04 didampingi siswa dan guru menunjukkan trofi penghargaan dari Disperpuska sebagai Perpus SD Tergiat Literasi 2018.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Perpustakaan SDN Karangasem 04 Batang menorehkan prestasi. Perpustakaan yang memiliki lebih dari seribu judul buku itu mendapatkan penghargaan sebagai Perpus SD Tergiat Literasi, oleh Disperpuska Batang, awal Agustus lalu.

“Alhamdulillah kemarin mendapatkan apresiasi dari Disperpuska sebagai perpustakaan SD tergiat literasi. Awalnya kami hanya disuruh untuk mengisi kuisioner terkait keadaan perpustakaan dan juga dilakukan survei dari dinas. Kalau perpustakaan kami memang standar, tapi yang menjadi kelebihan perpustakaan kami adalah inovasinya, yang bahkan sudah menjadi rujukan sekolah lain, di Batang maupun luar Batang,” terang Kepala SDN Karangsem 04, Kaefiyah SPdI, didampingi Eko M AMa Pust.

Berbagai inovasi dan prestasi sudah ditorehkan sebelumnya oleh Perpustakaan SDN Karangasem 04. Aneka inovasi semacam penghargaan duta baca sekolah sudah dijadikan rujukan oleh sekolah lain. Baik di Batang sendiri hingga sekolah di luar Batang. Bahkan beberapa sekolah juga datang langsung untuk studi terkait pengelolaan perpustakaan. Beberapa waktu lalu SDN Karangasem 04 juga berhasil menjadi juara 3 perpustakaan tingkat provinsi.

Dijelaskan, semangat literasi ini menjadi salah satu program utama sekolah. Sehingga sekolah juga mencanangkan aneka inovasi yang membuat minat dan budaya literasi siswa tumbuh. Seperti gerakan jumat membaca, infaq buku, membuat sudut baca, taman baca dan lainnya.

“Kebiasaan literasi tentunya menjadi salah satu program utama kami. Karena wahyu Allah yang pertama turu juga ajakan untuk membaca. Jadi kami harap di usia mereka yang dini anak-anak sudah biasa membiasakan budaya literasi. Sehingga ketika dewasa dapat menuai wawasan dan aneka pengetahuan dari membaca,” tandasnya.

Kaefiyah berharap ke depan ada perhatian khusus pemerintah kepada perpustakaan. Khususnya terkait dengan kesejahteraan petugas perpustakaan. (nov)

Facebook Comments