Radar Kendal

Kabupaten Layak Anak Kembali Diraih

Kabupaten Layak Anak dan Kampung KB

PRESTASI – Jajaran DP2KBP2PA Kabupaten Kendal saat menggelar kegiatan, baru-baru ini. Tahun ini, sejumlah prestasi sukses dicatatkan DP2KBP2PA.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Tahun 2018 Kabupaten Kendal kembali mendapatkan predikat sebagai kota/kabupaten layak anak tingkat pratama yang sebelumnya juga diperoleh di tahun 2017. Namun demikian, dengan capaian kategori yang sama, maka predikat itu dinilai belum sesuai target.

Kepala DP2KBP2PA Kabupaten Kendal, Asrifah S Kep, mengatakan, sesuai target, instansinya sebetulnya berharap bisa mendapatkan kategori tingkat Nindya atau satu tingkat di atas Pratama yang diperoleh dua tahun ini.

“Tahun ini kami memang belum fokus untuk peningkatan kota/kabupaten layak anak karena banyak sekali syarat yang dipenuhi untuk menuju tingkat lebih tinggi, salah satunya harus memiliki pukesmas ramah anak. Itu baru salah satu, artinya kami tidak bisa kerja sendiri, harus bersama-sama dengan dinas lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabupaten Kendal berhasil mencatatkan hasil MOP (KB Khusus Laki-laki) dengan jumlah terbanyak di Jawa Tengah. Bahkan jumlahnya melebihi target. Menurut Asrifah, target MOP tahun 2018 hanya 28 orang, namun sampai dengan saat ini sudah ada pria yang melakukan MOP sebanyak 152 orang dan jumlah tersebut sangat luar biasa.

Apalagi, untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dengan adanya MOP diakui Asrifah sangat sulit lantaran paradigmanya KB hanya untuk kaum wanita saja.

“Kami sangat bersyukur mendapatkan hasil MOP yang jauh melebihi target yang ditentukan, bayangkan dari target 28 orang hasil yang kami dapat sampai dengan pertengahan tahun ini sudah ada 152 orang,” pungkasnya. (fik)

Facebook Comments