Radar Kendal

Awas, Jembatan Kali Damar Sedang Dibongkar

Awas, Jembatan Kali Damar Sedang Dibongkar

DIBONGKAR – Seorang pekerja tengah menyelesaikan proses pembongkaran Jembatan Kali Damar untuk mengganti lantai beton, Selasa (12/8).
NUR KHOLID MS

WELERI – Jembatan Kali Damar di Desa/Kecamatan Weleri mulai dibongkar sejak sepekan ini. Pembongkaran dilakukan untuk mengganti lantai jembatan berkonstruksi beton yang memang sudah waktunya diganti dengan yang baru.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Weleri Kendal Semarang, Yudi Harto, mengatakan, pembongkatan Jembatan Kali Damar mulai dikerjakan sepekan yang lalu. Proyek jembatan sepanjang 25 meter dan lebar 9,5 meter itu dikerjakan PT Kadi Internasional dari Jakarta. Anggarannnya kata dia bersumber dari APBN 2018.

Namun saat ditanya nilai kontraknya, Yudi mengaku tak hapal persis nominalnya. “Lantai jembatan berupa beton yang lama dibongkar dan diganti beton baru, kemudian diaspal. Pekerjaan itu satu paket dengan perbaikan jalan beton di pantura Cepiring. Target kami akhir Agustus atau awal September perbaikan kelar,” katanya, Selasa (14/8).

Pantauan di lapangan, sejumlah pekerja membongkar beton jembatan baik menggunakan eskavator maupun manual. Karena aktivitas konbstruksi tersebut, kendaraan roda dua masih bisa melintas melalui jalan sebelah selatan untuk yang dari arah timur, sementara motor dari arah barat melalui ruas utara jembatan. Namun untuk roda empat atau lebih terpaksa dialihkan.

Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Edi Sutrisno, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus. Pengedara roda empat atau lebih yang dari Kendal hendak ke Sukorejo, diarahkan melalui Jalan Arteri Lingkar Weleri. Demikian pula sebaliknya. Jalan alternatif lain yakni melalui Sedayu Weleri belok ke barat melalui Desa Sumberagung hingga sampai di Desa Penyangkringan, kemudian belok ke selatan.

“Sementara pengendara motor masih bisa melintas di dekat jembatan, karena terdapat akses untuk sepeda motor,” katanya. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms

Facebook Comments