Radar Kajen

Dilanda Kesulitan Air Bersih, Perjuangkan Sumur Bor

Dilanda Kesulitan Air Bersih, Perjuangkan Sumur Bor

PERESMIAN – Anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Bung Ramson saat bersama warga dalam acara peresmian Sumur Bor Air Bersih di Dukuh Buaran Selatan, Desa Gandarum Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Rabu (15/8).
TRIYONO

KAJEN – Kemarau panjang yang melanda wilayah Kota Santri membuat sejumlah desa mengalami kesulitan air bersih. Oleh karena itu anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson, terus berupaya untuk membantu mengatasi kesulitan air baku dengan meresmikan Sumur Bor Air Bersih di Dukuh Buaran Selatan, Desa Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Rabu (15/8). Dengan diresmikannya sumur bor air bersih, sedikitnya ada 550 jiwa bakal menikmati air bersih.

Peresmian sumur bor air bersih dihadiri oleh 200-an lebih warga, terdiri dari sejumlah lembaga desa seperti LPMD, BPD, Karang Taruna, PKK, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat sekitar.

Meski dalam kondisi kurang sehat, wakil rakyat dari Partai Gerindra itu menyempatkan diri dengan secara simbolis melakukan pemotongan pita di Sumur Bor Air Bersih. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan kran air yang didampingi oleh Kepala Badan Geologi, Kementrian Energi Sumber Daya Mineral, Rudi Suhendar Kepala Perkim LH Kabupaten Pekalongan, Trinanto dan warga sekitar.

Kepala Desa Gandarum, Kecamatan Kajen, Rahmat Wijoyo mengungkapkan bahwa disaat memasuki musim kemarau, meski letak geografis berada di tepi area hutan namun banyak warga yang mengalami kesulitan air bersih. Khususnya bagi warga Dukuh Buaran Selatan, Desa Gandarum.

“Ada sekitar 160 Kepala Keluarga dan sedikitnya 550 jiwa warga kami yang ada di wilayah selatan ini ketika musim kemarau kesulitan air bersih. Namun dengan perjuangan anggota Komisi VII DPR RI fraksi Gerindra, Bung Ramson di Jakarta dan kali ini datang untuk meresmikan Sumur Bor Air Bersih ini banyak membawa berkah. Masyarakat mudah mudahan tidak lagi mengalami kesulitan air bersih,” ungkapnya.

Diakui, kedatangan anggota DPR RI, Bung Ramson ini juga dapat membawa kemajuan bagi desa dan warga Gandarum. “Kami harapkan tidak hanya sumur air bersih saja, melainkan aspirasi lain juga,” harapnya.

Adapun anggota Komisi VII DPR RI, Bung Ramson menyatakan bahwa memperjuangkan sumur air bersih itu merupakan bentuk kewajibannya sebagai wakil rakyat untuk terus memperjuangkan masyarakat. Dengan demikian apa yang dibutuhkan masyarakat bisa terpenuhi.

“Ini salah satu yang berhasil di Kecamatan Kajen. Nanti beberapa hal ditahun 2018 ini juga tengah saya perjuangkan. Agar masyarakat bisa merasakan air bersih. Inilah tugas sebagai wakil rakyat untuk mendengarkan aspirasi agar bisa saya perjuangkan. Secara terus menerus akan saya perjuangkan bersama mitra di DPR RI, di antaranya Kementrian ESDM ini untuk terus berupaya memperjuangkan kepentingan masyarakat di dapil saya wabil khusus warga Desa Gandarum, Kecamatan Kajen,” terang wakil rakyat yang sudah tiga kali ini mejabat.

Namun, lanjut Politisi Gerindra, untuk perjuangan di Jakarta tidak cukup sampai disitu, melainkan banyak yang sudah direalisasikan. Seperti menyalurkan puluhan motor angkut sampah, alat konverter BBM ke BBG dan pendeteksi ikan bagi nelayan, Penerangan Jalan Umum, alat pertanian, saluran irigasi dan sejumlah CSR untuk pembangunan tempat ibadah, TK Paud dan Ponpes.

“Selain itu untuk memberikan tambahan penghasilan bagi ibu rumah tangga juga ada pelatihan pembuatan kripik. Kemudian budidaya jahe merah, dan pembagian bibit pohon kepada ribuan warga,” imbuhnya.

Kepala Badan Geologi Kementrian Energi Sumber Daya Mineral, Rudi Suhendar, menyatakan bahwa Sumur Bor Air Bersih ini merupakan perjuangan Anggota Komisi VII DPR RI, Bung Ramson.

“Untuk di Pekalongan sendiri sudah dibangun 13 titik sumur dengan debit 600 liter kubik pertahun dan itu semua merupakan aspirasi dari Bung Ramson. Untuk sumur di Desa Gandarum ini kedalamannya 120 meter, dengan debit 2,5 liter perdetik. Jika pemanfaatannya optimal, bisa mencukupi 3.600 jiwa, ini berkat perjuangan anggota Komisi VII DPR RI, Bung Ramson,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Pekalongan Trinanto mengatakan, untuk Kabupaten Pekalongan sendiri akses layanan air bersih baru 79 persen lebih. Selain itu ia meminta Bung Ramson ikut kembali perjuangkan di pusat untuk Kabupaten Pekalongan.

“Sumur ini adalah aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota DPR RI Bung Ramson dan diperjuangkan di pusat hingga akhirnya terwujud,” imbuhnya.

Sedangkan dalam kesempatan itu, Bung Ramson juga menjawab permintaan Kepala Dinas Perkim, bahwa sepanjang untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Pekalongan bakal siap memperjuangkannya.

Diakhir acara, Bung Ramson yang gemar blusukan juga menyempatkan diri untuk menyerap aspirasi warga sekitar, selain itu juga secara simbolis memberikan bantuan secara tunai kepada kader PKK. (yon)

Penulis: Triyono

Facebook Comments