Metro Pekalongan

Awas, Angka Kematian Akibat Penyakit Tidak Menular Tinggi

Awas, Angka Kematian Akibat Penyakit Tidak Menular Tinggi

AKTIVITAS – Para peserta sosialisasi sedang melakukan senam ringan sembari menunggu sesi selanjutnya dimulai.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Angka kematian PTM (Penyakit Tidak Menular) dari tahun 2017 hingga pertengahan Agustus 2018 sangat tinggi. Bahkan peningkatannya 3 kali lipat setiap tahunnya.

Melalui Sekertaris Dinkes Kota Pekalongan, dr Tuti Widayanti, mengungkap Dinkes Kota Pekalongan terpacu untuk terus mencari dan mengobservasi setiap tahunnya, Rabu (15/8).

“Saat ini memang perkembangannya terbalik ya, biasanya penyakit menular lebih banyak memakan korban karena proses penularannya lebih cepat. Tapi saat ini justru PTM yang memiliki korban lebih banyak, seperti jantung, kolesterol, kanker dan lain sebagainya,” ungkap Tuti, sapaan akrabnya.

Menurutnya, peningkatan ini disebabkan oleh maraknya pola hidup yang tidak sehat. Sehingga PTM lebih cepat menyerang secara personal.

“Saat ini kan banyak sekali ya orang-orang yang justru lebih sering makan fast food daripada buatan sendiri, kemudian aktivitas yang berlebih sehingga kurang memperhatikan olah raga yang baik untuk kesehatan,” terangnya.

Oleh karenanya, Pemerintah menaruh perhatian khusus melalui program dari pusat sampai ketataran daerah untuk mesosialisasikan gaya hidup sehat. Mulai dari perencanaan secara fisik maupun aktivitas yang dilakukan.

“Sedikit orang yang memperhatikan ini, Yang jelas ini adalah upaya kita bersama untuk mengurangi jumlah korban PTM. Karena hanya diri kita sendiri yang mampu mencegahnya,” pungkas Tuti.(mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments