Nasional

Syafruddin Lanjutkan Program Asman, Bagaimana Nasib Honorer?

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin berjanji menuntaskan program-program yang belum direalisasikan pendahulunya, Asman Abnur.

“Apa yang sudah dilaksanakan Pak Asman akan dilanjutkan karena programnya cukup baik,” ujar Syafruddin usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (15/8).

Dia menambahkan, Jokowi juga telah berpesan semua program yang sudah dijalankan oleh Asman tetap dilanjutkan.

“Maka, kami akan menyelesaikan yang tersisa,” ujar mantan Wakapolri itu.

Sementara itu, Asman Abnur berharap pencapaian KemenPAN-RB pada eranya bisa ditingkatkan.

Menurut dia, ada empat program besar yang dijalankan dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan.

Yakni, peningkatan efektivitas dan efisiensi birokrasi, mewujudkan kelembagaan pemerintahan yang efektif dan efisien, pembangunan Smart ASN dalam rangka mewujudkan world class government, dan peningkatan pelayanan publik.

Honorer Menaruh Harapan Besar

Disisi lain, para honorer K2 (kategori dua) menaruh harapan besar pada Komjen Syafruddin yang baru saja dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

“Mudah-mudahan ada secercah harapan yang dibawa Pak Syafruddin buat honorer K2. Kami berharap 2018 ini honorer K2 ganti PNS,” ujar Ketum Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih kepada JPNN, Rabu (15/8).

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) untuk audiensi dengan menteri baru. Titi berharap, Syafruddin bisa melihat persoalan K2 sebagai masalah besar yang harus segera dituntaskan.

“Kami ingin bertemu pak menteri. Ingin menginformasikan keberadaan kami kepada beliau. Saya pesimistis, para bawahannya akan menyampaikan masalah K2 kepada menteri sehingga Pak Syafruddin jadi tidak tahu keberadaan kami,” tuturnya.

Harapan juga disampaikan Nurbaiti, koordinator honorer K2 DKI Jakarta. Dia berharap Syafruddin lebih punya hati nurani dibanding MenPAN-RB lama, Asman Abnur.

“Kami berharap besar kepada menteri baru. Mudah-mudahan waktu tersisa ini bisa membawa perubahan besar dalam hidup kami. Semoga tahun ini honorer K2 mulai diangkat PNS,” tandas Nurbaiti. (jpnn)

Facebook Comments