Radar Batang

Ingat, Jangan Sampai Politik Praktis Masuk ke Pramuka

Ingat, Jangan Sampai Politik Praktis Masuk ke Pramuka

HADIRI – Bupati Batang dan jajaran Forkompimda Batang saat menghadiri upacara peringatan HUT Pramuka ke 57 tahun di Tersono, Selasa (14/8).
DOK

BATANG – Tahun ini Gerakan Pramuka memasuki usia ke 57 tahun. Dalam peringatan HUT Pramuka di Kwarcab Batang, Bupati Batang berharap pramuka netral dari kepentingan politik praktis. Hal itu disampaikan Wihaji saat memberikan sambutan dalam HUT Pramuka Kwarcab Batang yang dilakukan di Lapangan Rejosari Tersono, (14/8).

“Saya berharap anggota Pramuka di seluruh jenjang hendaknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk- pikuk perpolitikan. Meskipun sebagai warga negara masing-masing punya hak politik. Saya berpesan hendaknya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis,” harap Wihaji sembari membacakan sambutan peringatan HUT Pramuka ke 57.

Dijelaskan, tahun 2018 dan 2019 memang menjadi tahun politik bagi Indonesia. Salah satunya ditandai dengan Pemilu lima kotak suara. Dia berharap, pramuka tidak dimanfaatkan untuk menjadi wadah politik praktis anggota ataupun pihak lain.

Lebih lanjut ia berharap, anggota dan pengurus pramuka untuk berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak. Sehingga dapat menciptakan generasi muda yang berkarakter yang dapat memajukan bangsa.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Batang, Suharyanto, menerangkan, kegiatan upacara HUT pramuka ke 57 diikuti oleh seluruh pengurus dan perwakilan anggota se Kwarcab Batang. Dengan peringatan tersebut, anggota pramuka diharapkan dapat kembali mengingat jati dirinya sebagai anggota gerakan kepanduan. Di mana diharapkan dapat menjadi layaknya pohon kelapa yang berguna di segela sisi dan dimanapun berada.

“Kami harap dengan peringatan ini anggota lebih meresapi tugasnya sebagai bagian dari pramuka. Khususnya kwarcab Batang. Kami berharap pramuka bisa menjadi wadah positif dalam pengembangan karakter generasi muda. Sehingga dapat melahirkan pemuda-pemuda yang berguna dan berkarakter di masa depan,” tandas lelaki yang akrab di sapa Kak Har ini. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments