Kesehatan

Kenali 5 Tanda Gula Darah Anda Terlalu Tinggi

Kadar gula darah yang tinggi bisa berakibat fatal dan mendekatkan berbagai penyakit, seperti diabetes, stroke, penyakit ginjal dan lain-lain.

Kecuali rutin mengukurnya, terkadang kita tidak menyadari bahwa gula darah sudah meningkat.

Ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa gula darah Anda mungkin sudah terlalu tinggi, seperti dilansir laman MSN, Rabu (8/8).

1. Anda sering merasa kehausan

Kencing lebih sering berarti bahwa tubuh Anda menyingkirkan lebih banyak air daripada biasanya, yang menempatkan Anda pada risiko dehidrasi.

Hal tersebut juga bisa membuat Anda lebih sering merasa kehausan.

2. Kelelahan

Kelelahan adalah efek samping klasik dari dehidrasi.

3. Penglihatan Anda kabur

Makula Anda adalah lensa kecil di pusat mata Anda yang bertanggung jawab atas penglihatan sentral yang tajam. Tetapi ketika kadar glukosa Anda terlalu tinggi, cairan bisa meresap ke dalam lensa dan membuatnya membengkak.

Pembengkakan itu bisa mengubah bentuk lensa, sehingga tidak bisa fokus dengan benar. Ketika itu terjadi, visi Anda bisa menjadi kabur dan tidak jelas-bahkan jika Anda memakai kacamata atau kontak seperti biasa.

4. Gusi Anda berdarah

Bakteri pencinta gula yang sama yang menyebabkan luka Anda untuk menyembuhkan lebih lambat juga bisa mengacaukan gusi Anda. Itu bisa membuat mereka merah, bengkak dan lebih mungkin berdarah ketika Anda sikat atau ketika Anda menggunakan flossing.

Biasanya, tubuh Anda melawan kuman penyebab infeksi di mulut Anda. Tetapi gula yang ditinggikan membuat mulut Anda menjadi tempat yang lebih ramah bagi bakteri, dan menurunkan sifat alami penangkal bakteri mulut Anda.

5. Anda memiliki tambalan yang aneh pada kulit

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa merusak pembuluh darah Anda, termasuk pembuluh darah yang duduk tepat di bawah kulit Anda.

Kerusakan itu bisa menyebabkan bercak coklat kemerahan mengkilap atau bersisik pada kulit Anda-terutama pada kaki bawah Anda. Tambalan biasanya gatal dan bahkan bisa terasa menyakitkan.

Anda mungkin juga melihat bercak-bercak gelap berwarna beledu di lipatan kulit Anda-terutama di ketiak, selangkangan atau leher.

Kelebihan gula darah bisa menyebabkan sel-sel kulit Anda bereproduksi lebih cepat dari biasanya.(fny/jpnn)

Facebook Comments