Radar Pendidikan

Pemilihan Ketua IPM Rasa Pemilihan Umum

SMK Muhammadiyah Kedungwuni

MENGGELAR – SMK Muhammadiyah Kedungwuni menggelar kegiatan Pesta Demokrasi Pemilihan Ketua IPM, Kamis (9/8).
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah kedungwuni menggelar pemilihan ketua ala Pemilihan Umum (Pemilu), Kamis (9/8). Hal itu dilakukan agar siswa belajar mengetahui proses pemilu secara demokratis, jujur, dan adil.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Nurul Afifah SPd. Disebutkan, Seluruh siswa dari kelas X sampai XII diwajibkan untuk mengikuti proses pemilihan ketua IPM.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai sarana pembelajaran pemilihan pemimpin dengan menggunakan hak suara kepada para siswa. Apalagi banyak dari para siswa yang nantinya akan menjadi pemilih pemula dan mempunyai hak pilih pada Pemilu 2019 nanti,” ujar Nurul, sapaan akrabnya.

Disebutkan, terdapat empat kandidat dalam pemilihan ketua IPM. Empat calon ketua tersebut adalah M Iqrom Lutfi, M Lutful Khakim, Wiwik Widiyanah, dan Dhea Navira. Nurul mengungkapkan, sebelum melaksanakan pemilihan secara langsung, setiap kandidat harus melakukan kegiatan kampanye serta menyampaikan orasi dan pemaparan visi misi. Setiap pemilih diajari tata cara mengambil kartu suara dan melaksanakan pencoblosan ala pemilu.

“Disediakan bilik dan kotak untuk memilih. Dalam kertas suara pun tertera gambar dari calon ketua yang dipilih. Usai memberikan suara, peserta pun diwajibkan untuk mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah menggunakan hak suara,” jelas Nurul.

Dari kegiatan pemilihan tersebut, M Lutful Khakim berhasil terpilih sebagai ketua IPM periode 2018-2019 dengan perolehan 65 suara. Tempat kedua disusul oleh Wiwik Widiyanah, Iqrom Lutfi dan Dhea Navira masing-masing 42, 38 dan 14 suara. Jumlah surat suara yang rusak mencapai 31 buah. Sementara itu, Salah seorang siswa, Saif Ali Zulfikar mengaku telah mendapatkan pengetahuan usai mengikuti kegiatan pemilihan ketua IPM.

“Setelah ikut kegiatan pemilihan ketua IPM, saya mendapatkan pengetahuan mengenai proses dan cara memberikan suara secara langsung untuk memilih Ketua IPM maupun Pemilu tahun depan,” tandasnya. (run)

Facebook Comments