Olah raga

Prediksi Indonesia U-16 vs Thailand U-16: Saatnya Merah Putih Juara!

Indonesia ingin meraih gelar juara di depan publik sendiri (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

SIDOARJO – Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia akan menghadapi lawan yang seimbang pada final Piala AFF U-16 2018, yakni Thailand, Sabtu (11/8) malam WIB. Thailand jauh lebih kuat dan berat ketimbang Malaysia, lawan yang disingkirkan Indonesia di semifinal. Indonesia harus bermain lebih tenang agar bisa mengangkat trofi juara di turnamen ini.

Kekuatan Malaysia tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Thailand. Sama seperti Indonesia, Thailand juga tim yang mengagungkan permainan menyerang. Gaya sepak bola mereka lebih simpel. Sangat efektif.

Thailand juga memiliki postur tubuh yang cukup tinggi untuk ukuran anak usia 16 tahun. Materi pemain mereka lebih merata. Ketika ada satu zona yang lemah, maka ada satu-dua pemain yang cekatan menutup lubang itu.

“Informasi yang saya dapat, Thailand yang bermain di turnamen ini adalah tim yang sudah beberapa kali kami hadapi. Kami pernah bertemu mereka di kualifikasi Piala AFC,” ungkap pelatih Indonesia, Fakhri Husaini.

Pada kualifikasi Piala AFC 2018, September 2017 lalu, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0 berkat gol Amanar Abdillah. Selain itu, Indonesia juga berjumpa Thailand di Piala AFF U-16 2017. Pada saat itu Thailand menang tipis 1-0 berkat gol Suphanat Mueanta.

“Kami sudah beberapa kali melawan mereka. Kami bertemu mereka di kualifikasi Piala AFC. Saya melihat materi pemainnya juga tidak jauh berbeda. Mereka tidak terlalu banyak rotasi,” ungkap Brylian, salah satu penggawa Timnas U-16 Indonesia.

“Saya berharap anak-anak tetap rendah hati, tetap fokus. Supaya pertandingan berjalan lancar. Semoga pada pertandingan final kami bisa bermain all out dan mengambil hasil yang maksimal,” imbuh pemain asal Jabon, Sidoarjo.

Salah satu aspek yang membuat Indonesia sedikit unggul di atas Thailand adalah dukungan suporter. Puluhan ribu penonton dipastikan hadir untuk memerahkan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8) malam.

“Saya berharap sampai selesai turnamen nanti bisa menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang bermartabat. Bangsa yang menjunjung tinggi nilai fair play dan respek. Dukungan seperti inilah yang kami harapkan ke depannya,” harap Fakhri.

Sementara itu, Thailand sedang sibuk mengasah lini depannya menjelang pertandingan final melawan Indonesia. Menurut pelatih Thongcai Rungreangleas, timnya harus lebih lugas dalam memaksimalkan peluang.

“Satu yang kami harus perbaiki sebelum laga final adalah adalah penyelesaian akhir di sepertiga lapangan. Banyak sekali peluang yang gagal kami maksimalkan menjadi gol pada laga sebelumnya,” tutur Rungreangleas.

Rungreangleas menambahkan, pertandingan final melawan Indonesia akan menjadi laga yang sulit. Sebab Indonesia akan mendapat suntikan semangat dari puluhan ribu pendukungnya. Walaupun demikian, dia menegaskan Thailand pantang mundur.

“Kami sudah sangat siap menghadapi pertandingan final. Saya ingin pemain terus berjuang di lapangan,” tegasnya.

Well, ini menjadi kesempatan bagi Merah Putih untuk juara. Mumpung bermain di publik sendiri, peluang cukup terbuka.

Pertandingan Terakhir Indonesia U-16
Indonesia U-16 vs Filipina U-16: 8-0
Indonesia U-16 vs Myanmar U-16: 2-1
Indonesia U-16 vs Vietnam U-16: 4-2
Indonesia U-16 vs Timor Leste U-16: 3-0
Indonesia U-16 vs Kamboja U-16: 4-0
Indonesia U-16 vs Malaysia U-16: 1-0

Pertandingan Terakhir Thailand U-16
Thailand U-16 vs Malaysia U-16: 2-1
Thailand U-16 vs Brunei U-16: 7-0
Thailand U-16 vs Singapura U-16: 3-1
Thailand U-16 vs Laos U-16: 0-0
Thailand U-16 vs Myanmar U-16: 1-0

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia U-16: 21-Ernando Ari Sutaryadi, 2-Amiruddin Bagas Kaffa, 2-M. Yudha Febrian, 5-Fadilah Nur Rahman, 16-Komang Trisnanda, 18-Brylian Aldama, 6-David Maulana, 8-Andre Oktaviansyah, 22-Fajar Fathur Rachman, 11-M. Supriadi, 20-Amiruddin Bagus Kahfi
Pelatih: Fakhri Husaini

Thailand U-16: 1-Anuchid Taweesri, 2-Arthit Bua-Ngam, 3-Chatmongkol Rueangthanarot, 3-Jakkaprong Sanmahung, 6-Pongsakorn Innet, 7-Thanarin Thumsen, 8-Sarawut Soawaros, 13-Thanakrit Laorkai, 17-Apidet Janngam, 21-Thodsawat Aungkongrat, 10-Sitthinan Rungrueang
Pelatih: Thongcai Rungreangleas (saf/JPC)

Facebook Comments