Radar Pendidikan

KBO-PTA Angkat Tema Peduli Lingkungan

SMAN 1 Kajen

MELAKSANAKAN – Siswa SMAN 1 Kajen melaksanakan kegiatan KBO – PTA di lapangan utama sekolah.
FAKHRUN NISA

KAJEN – Sebanyak 338 siswa kelas X SMAN 1 Kajen mengikuti kegiatan Kemah Bersama OSIS – Penerimaan Tamu Ambalan (KBO – PTA) yang dilaksanakan selama tiga hari, Kamis (9/8) hingga Sabtu (11/8).

Kegiatan di Lapangan Utama SMAN 1 Kajen itu, mengangkat tema Mewujudkan Generasi yang Berkarakter, Disiplin, Bertanggung Jawab, Sesuai Dengan Kode Etik Dalam Kerangka Berakhlak Mulia Serta Peduli Terhadap Lingkungan.

Kepala SMAN 1 Kajen, Heti Puryanti, menuturkan tema yang diangkat dalam KBO-PTA ini sesuai dengan visi sekolah, yakni kepedulian lingkungan. Hal tersebut berkaitan dengan status SMAN 1 Kajen sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

“Tema-tema kegiatan yang kami gelar selalu mengarah kepada kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi SMAN 1 Kajen adalah sekolah adiwiyata nasional yang akan menuju ke adiwiyata mandiri, sehingga kita selalu menerapkan bahwa adiwiyata tidak hanya sekolah yang hijau, tetapi juga kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan,” ujarnya kepada Radar, Jumat (10/8).

Selain mendapatkan materi, dalam kegiatan tersebut siswa juga diajak untuk mengadakan bakti sosial dengan memungut sampah yang ada di sekitar sekolah. Lokasi kemah beserta tenda juga tidak luput untuk dibersihkan. Heti, sapaan akrabnya, menilai bahwa kegiatan tersebut dilakukan agar siswa mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Dalam kegiatan ini kan tidak hanya siswa kelas X yang terlibat, tetapi juga siswa kelas XI dan XII. Siswa kelas X menjadi peserta kegiatan, sedangkat panitia berasal dari pengurus OSIS dan dewan ambalan, serta dibantu oleh anak-anak ekstrakurikuler PMR dan PKS,” jelas Heti.

Menurut Heti, usai penyelenggaraan KBO-TPA ini siswa kelas X secara resmi telah menjadi anggota Dewan Ambalan Taruna Bakti dan Satya Kartika sehingga dapat mengikuti kegiatan kepramukaan. Heti berharap, setelah mengikuti kegiatan tersebut, siswa SMAN 1 Kajen dapat menjadi pribadi yang mandiri, mempunyai jiwa kepemimpinan, dan mempunyai karakter yang sesuai dengan pelajar. (run)

Facebook Comments