Metro Pekalongan

Antisipasi Kekeringan, Siapkan Pompa Air

Program Penyuluhan Pertanian

PENYULUHAN – Dinperpa Kota Pekalongan saat menggelar kegiatan penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat Kecamatan Pekalongan Selatan, kemarin.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Dalam rangka mengantisipasi kurangnya pasokan air untuk mengaliri lahan persawahan di Kota Pekalongan saat musim kemarau sekarang ini, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan telah menyiapkan pompa-pompa air yang bisa dipakai oleh petani.

Pompa air itu nantinya bisa dipinjam oleh petani untuk mengalirkan air dari sumber air terdekat ke lahan sawah mereka. Kepala Dinperpa Kota Pekalongan Agus Jati Waluyo menuturkan, melihat kondisi cuaca seperti saat ini, para petani diimbau sebelum mulai menanam harus memperhatikan ketersediaan sumber air supaya padi yang ditanam tidak gagal panen.

“Kalau airnya dirasa masih kurang, dan kebetulan sawahnya berdekatan dengan sumber air, maka airnya bisa dialirkan melalui pompa. Kami sudah siapkan pompa. Dengan pompanisasi ini, mudah-mudahan panennya bisa menguntungkan,” katanya, usai kegiatan penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat Kecamatan Pekalongan Selatan, kemarin.

Disampaikan Agus Jati, di Kantor Dinperpa tersedia 16 pompa air. Yang mana empat diantaranya sudah dipinjam oleh petani. “Silakan kalau membutuhkan bisa pinjam. Tetapi harus memperhatikan ketersediaan sumber airnya supaya bisa efektif,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Agus Jati, meski saat ini dilanda kemarau cukup panjang, pihaknya optimistis, dengan upaya khusus yang dilakukan, target luas tanam padi sawah di Kota Pekalongan untuk tahun 2018 bisa tercapai. (way)

Facebook Comments