Metro Pekalongan

Rambah Tingkat Nasional, Atlet Disabilitas Masih Dibantu Daerah Lain

KOTA PEKALONGAN – Empat atlet disabilitas dari Kota Pekalongan, sudah merambah tingkat nasional. Namun keempat atlet tersebut saat ini masih dibantu oleh daerah lain dalam hal fasilitasi dan pengiriman ke berbagai event. Sebab Kota Pekalongan belum memiliki organisasi yang khusus menaungi olahraga disabilitas yaitu National Paralympic Comite (NPC).

“Kita sebenarnya punya empat atlet tingkat nasional. Tapi untuk sementara mereka berlaga membela daerah lain karena disini belum ada NPC. Namun bedanya kalau untuk atlet disabilitas tidak ada transfer atlet antar daerah. Nanti kalau sudah ada NPC mereka dapat kembali ke Kota Pekalongan,” tutur Kasi Olahraga Dinparbudpora, Bambang Andi Waluyo.

Untuk itulah saat ini Kota Pekalongan tengah berupaya membentuk NPC. Kota Pekalongan termasuk empat daerah di Jawa Tengah yang saat ini belum memiliki kepengurusan NPC. “Target kami kelembagaan NPC bisa terbentuk pada tahun 2018 ini. Sehingga tahun berikutnya sudah ada penganggaran khusus untuk atlet-atlet disabilitas untuk reward dan kegiatan di setiap cabor,” katanya.

Sehingga kegiatan lomba olahraga cabor bulutangkis dan tenis meja khusus atlet disabilitas yang akan digelar hari ini (Sabtu 11/8), merupakan satu upaya yang dilakukan dalam rangka mendukung terbentuknya NPC.

“Dalam olahraga memang tidak ada diskriminasi, sehingga semua lapisan masyarakat diakomodir termasuk disabilitas. Sehingga pembentukan NPC ini kami rasa cukup penting, agar atlet disabilitas Kota Pekalongan dapat berkembang kedepan,” tambahnya.

Mengenai proses, dikatakan Andi pihaknya sudah berkoordinasi dengan provinsi. Selanjutnya akan terlebih dahulu dikumpulkan komunitas-komunitas olahraga dari disabilitas untuk digelar rembug dalam rangka musyawarah kota atau Muskot. Dalam rembug tersebut akan dipilih kepengurusan dan selanjutnya diajukan ke Provinsi.

“Ketika sudah disetujui, kami audiensi dengan walikota bersama pengurus. Jika sudah di acc maka bisa dilakukan pelantikan pengurus dan menyusun program untuk NPC di tahun selanjutnya,” tandas Andi. (nul)

Facebook Comments