Radar Jateng

Gara-gara Las, Lima Kapal Bernilai Milyaran Rupiah Terbakar

Gara-gara Las, Lima Kapal Bernilai Milyaran Rupiah Terbakar

BERKOBAR: Beberapa kapal yang parkir di sepanjang Sungai Juwana terbakar kemarin sore. Foto bawah, kapal damkar dikerahkan untuk memadamkan api.
SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS

PATI – Lima kapal yang diparkir di sepanjang sungai Juwana terbakar kemarin sore. Api sulit dipadamkan karena angin kencang dan kondisi kapal yang rapat. Penyebab kebakaran ini, diduga dari las pipa. Kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kudus, pukul 16.00 beberapa nelayan dan warga di sekitar Pulau Seprapat, Juwana, Pati, melihat kepulan asap dari salah satu kapal purse seine di barisan sebelah selatan Pulau Seprapat. Api langsung membesar dan merambat ke kapal lain di sekitar lokasi.

Sekitar 11 mobil pemadam kebakaran dari Pati langsung dikerahkan, karena kapal damkar tak sanggup memadamkan api. Bahkan ada beberapa mobil damkar dari Rembang didatangkan untuk membantu pendinginan. Kencangnya angin dari arah timur membuat api merambat ke kapal lain. Kondisi terakhir hingga pukul 19.00, ada lima kapal yang terbakar.

Lima kapal itu, terdiri dari satu kapal cantrang yang terbakar sebagian dan empat kapal purse seine yang sebagian besar terbakar. Kapal cantrang dan kedua kapal purse seine sudah beroperasi dan tengah parkir. Sedangkan dua kapal purse seine lain belum beroperasi.

Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati menjelaskan, hingga pukul 18.30 tadi malam, api masih belum dapat dipadamkan. Polri bersinergi dengan syahbandar dan TNI AL untuk memadamkan api. Sejauh ini yang masih menjadi kendala yakni cuaca. Sebab, angin berhembus sangat kencang.

“Untuk akses dan air untuk memadamkan api masih tercukupi. Kami menutup akses jalan ke lokasi supaya tidak terjadi kemacetan dan mobil damkar dapat masuk ke lokasi. Jika tidak ditutup, maka banyak warga yang masuk ke lokasi dan bisa menyulitkan pemadaman. Kami berusaha melokalisasi kebakaran, supaya tidak merambat ke kapal lain,” jelasnya.

Pusdalop BPBD Pati Sunarto menuturkan, penyebab kebakaran kapal diduga dari las pipa. Pihaknya bersama dengan tim lain berusaha melokalisasi supaya api tidak merambat ke kapal lain. “Kami memastikan tidak ada korban jiwa pada kejadian ini,” imbuhnya. (put/lin)

Facebook Comments