Radar Kajen

20 Peserta Rebutkan Duta Wisata

20 Peserta Rebutkan Duta Wisata

DIKENALKAN BATIK – Sejumlah peserta Calon Mas dan Mba Duta Pariwisata Kabupaten Pekalongan tengah dikenalkan cara membatik.
TRIYONO

KAJEN – Sebanyak 20 peserta bakal merebutkan sebagai Mas dan Mba Duta Wisata Kabupaten Pekalongan. Untuk malam penganugerahan digelar oleh Dinas Kepemudaan, Olah raga dan Pariwisata Sabtu (11/8) malam di Rumah Dinas Bupati Pekalongan.

Digelarnya Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan untuk mempromosikan potensiwisata yang ada, sehingga mereka benar-benar faham tentang pariwisata yang dimiliki daerahnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olah raga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan, Bambang Irianto, mengatakan bahwa sebelum masuk final ada sebanyak 109 pendaftar. Kemudian Tim melakukan seleksi wawancara dan materi pengetahuan umum yaitu mengenai kepariwisataan, bahasa inggris, dan bahasa jawa untuk memilih 20 peserta dari putra dan putri arau 10 pasang finalis.

“Untuk grand final akan diikuti 20 peserta atau 10 pasang calon Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan. Kemudian grand final akan kami laksanakan di Rumah Dinas Bupati Pekalongan pada Sabtu (11/8) malam mulai pukul 19.30 wib,” terangnya.

Adapun dari 20 peserta, lanjut dia, sebelumnya telah mengikuti masa karantina dan pembekalan finalis tentang kepariwisaatan. Kemudian pembekalan bahasa inggris, bahasa jawa ‘ngadu saliro ngadi usono’ atau perform. Karantina dilaksanakan selama tiga hari di Afsana Desa Limbangan, kemudian dilanjutkam kunjungan lapangan yaitu di Batik Pesisir dan Gemah Sumilir Wiradesa.

“Selain itu kita juga memgenalkan batik kepada peserta, karena batik ini merupakan tradisi Kota Santri. Peserta juga diajari tata cara membatik yang baik dan benar karena batik merupakan warisan budaya,” terangnya.

Sementara malam grand final dewan juri berasal dari Dinporapar Provinsi Jawa Tangeh, dari Duta Pariwisata Indonesia Jawa Tengah, Kidung Paramadhita dan satunya lagi adalah juri bahasa Inggris. Nantinya, peserta Mas dan Mba Duta Wisata Kabupaten Pekalongan yang terpilih akan mewakili Kabupaten Pekalongan di tingkat provinsi Jawa Tengah.

“Ya kami harapkan nanti Mas dan Mba Duta Wisata yang terpilih bisa mempromosikan potensi wisata dan budaya yang ada di Kota Santri. Selain itu juga bisa memperkenalkan Kabupaten Pekalongan sebagai ‘The Legend of Batik,” harapnya. (yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments