Metro Pekalongan

Panwas Buka Posko Pengajuan Sengketa

KOTA PEKALONGAN – Pasca diumumkannya hasil verifikasi perbaikan daftar bacaleg oleh KPU, Panwas Pemilihan Kota Pekalongan membuka posko pengajuan sengketa. Sebab hasil verifikasi KPU terhadap daftar bacaleg, merupakan salah satu obyek sengketa yang dapat diajukan.

“Kami membuka posko untuk konsultasi atau mengajukan sengketa terhadap hasil verifikasi dari KPU,” kata Ketua Panwas Pemilihan Kota Pekalongan, Sugiharto.

Berita acara hasil verifikasi, dikatakan Sugiharto merupakan salah satu obyek yang bisa diajukan sengketa. Jika terdapat parpol yang merasa dirugikan atas keputusan KPU, maka bisa mengajukan sengketa ke Panwas. “Kami melihat dari hasil ini ada potensi terjadi sengketa. Sehingga kami sudah siapkan,” tambahnya.

Ia melanjutkan, sudah menjadi tugas Panwas Pemiluhan untuk menerima laporan, menindaklanjuti dan menyelesaikan jika ada pengajuan sengketa oleh parpol.

Namun Sugiharto mengingatkan, ada masa tenggang pengajuan sengketa terkait berita acara hasil verifikasi perbaikan daftar bacaleg yakni tiga hari setelah berita acara diserah terimakan. “Waktunya tiga hari setelah berita acara diterima. Silakan jika merasa dirugikan bisa mengajukan ke kami,” kata Sugiharto.

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Pattiro Pekalongan itu juga mengatakan bahwa masyarakat dapat berperan serta dalam melakukan kroscek terhadap daftar bacaleg yang akan diumumkan lewat DCS. “Mulai diumumkan 12 Agustus dan masyarakat dapat ikut memberikan masukan jika memiliki informasi penting terkait bacaleg,” tandasnya. (nul)

Penulis: M Ainul Atho | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments