Metro Pekalongan

Dari 12 Kampung Ini Mana yang Nantinya jadi Kampung SATELIT

Kampung Satelit

KUNJUNGI – Camat Pekalongan Barat M Natsir saat mengunjungi dan melakukan penilaian di salah satu kampung peserta Lomba K3 Kampung Satelit.

KOTA PEKALONGAN – Kecamatan Pekalongan Barat, saat ini menggelar lomba K3 (Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan) berlabel Lomba K3 Kampung “SATELIT”.

Camat Pekalongan Barat Muhammad Natsir menjelaskan, Kampung SATELIT adalah singkatan daru Kampung SAya TEtap eLIT. “Elit karena punya kekhasan, ikonik atau keunggulan tertentu,” tuturnya, Kamis (9/8).

Menurutnya, kegiatan ini adalah semacam lomba K3 plus. Plusnya adalah pihaknya juga menilai adanya kreativitas dan inovasi masyarakat dalam menata lingkungannya. “Sehingga lingkungan kampung tersebut memiliki nilai ikonik, kekhasan, keunikan, atau keunggulan tersendiri” jelas Natsir.

Natsir mengungkapkan, tujuan dari lomba ini adalah dalam rangka menumbuhkan semangat kreativitas and inovatif masyarakat untuk menata dan peduli kepada lingkungannya.

Disampaikan pula bahwa tujuh kelurahan di Kecamatan Pekalongan Barat semuanya mengikuti lomba ini. Masing-masing kelurahan, melalui lurah setempat, mengajukan satu lokasi kampung. “Masing-masing kelurahan satu lokasi, kecuali Kelurahan Medono ada lima lokasi yang diajukan,” katanya.

Masing-masing kampung yang diajukan ikut lomba ini selanjutnya akan dinilai oleh tim yang telah dibentuk. Tim akan melakukan penilaian dan kunjungan langsung di lokasi. Hingga kemarin, imbuh Natsir, pihaknya sudah mengunjungi lima lokasi.

“Sementara ini yang sudah kita kunjungi adalah Kampung Kraton Kidul Gg 1 Kelurahan Pasirsari Kraton Kramat, Kampung Bendan Gg 1 Kelurahan Bendan Kergon, Kampung Arjuna Kelurahan Podosugih, dan Kampung RT 1 RW 13 Kelurahan Sapuro Kebulen,” imbuh dia. (way)

Facebook Comments