Metro Pekalongan

Gila, Buruh Ini Punya Ribuan Butir Psikotropika

BB Pil

BARANG BUKTI – Kasat Narkoba Polres Pekalongan Kota AKP Rohmat Ashari dan anggotanya menunjukkan barang bukti ribuan butir psikotropika berbagai jenis yang diamankan dari tangan tersangka, kemarin.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Satuan Reserse Narkoba Polres Pekalongan Kota menangkap RS (34), profesi buruh, warga Panjang Wetan Gg 13, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan karena kedapatan memiliki dan menyimpan ribuan butir pil jenis psikotropika tanpa resep dokter, Rabu (8/8).

Tersangka yang diduga sebagai pengedar psikotropika itu ditangkap di rumahnya, sekira pukul 20.00 WIB. Dari tangan tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti. Antara lain berupa 1.068 butir pil yang masuk kategori obat psikotropika, dengan rincian 90 butir riklona, 229 butir pil alprazolam, 8 paket (96 butir) pil dextro, 49 paket (167 butir) dan 96 paket (480 butir) pil Y, serta uang tunai Rp208.000.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kasat Narkoba AKP Rohmat Ashari, menuturkan pengungkapan kasus itu berawal dari informasi masyarakat. “Kita dapat informasi bahwa di TKP tersebut diduga sering dipakai untuk transaksi obat-obatan terlarang,” katanya, Kamis (9/8).

Satuan Reserse Narkoba Polres Pekalongan Kota menangkap seorang tersangka pengedar pil psikotropika di Jalan WR Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Rabu (8/8) malam. Tersangka berinisial RS (34), profesi buruh, warga Panjang Wetan. Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti uang tunai Rp208.000 dan 1.062 butir pil psikotropika berbagai jenis. Terdiri dari 90 butir riklona, 229 butir pil alprazolam, 8 paket (96 butir) pil dextro, serta 49 paket (167 butir) dan 96 paket 480 butir pil Y. Saat ini tersangka dan barang buktinya sudah diamankan di Mapolres Pekalongan Kota guna proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. Tersangka akan dijerat dengan Pasal 62 UU RI No 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Pasal 196 dan atau 197 UU RI No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. #satnarkobapolrespekalongankota#kotapekalongan#narkoba

A post shared by Radar Pekalongan (@radarpekalongan) on

Informasi itu ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Setelah diketahui bahwa informasi tersebut “A1”, anggota Sat Narkoba Polres Pekalongan Kota melakukan penggerebekan di rumah tersangka.

Tersangka tak bisa berkutik, tatkala petugas mendapatkan barang bukti ribuan butir pil jenis psikotropika. Obat tersebut semestinya hanya bisa dibeli dengan resep dokter dan dalam jumlah terpaksa. Polisi menduga, tersangka merupakan pengedar obat-obatan terlarang jenis psikotropika.

Anggota Sat Narkoba kemudian membawa tersangka dan barang buktinya ke Mapolres Pekalongan Kota guna proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

“Tersangka akan dijerat dengan Pasal 62 UU RI No 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Pasal 196 dan atau 197 UU RI No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” imbuh AKP Rohmat Ashari. (way)

Facebook Comments